Alpukat Makanan Kesehatan Tulang Sendi

15 Mar

Alpukat Makanan Kesehatan Tulang Sendi, Benarkah?? Buah alpukat memang sudah dikenal akan mengandung tinggi asam lemak, tapi lemak yang di dalamnya tidak biasa dan memiliki manfaat kesehatan yang baik.

HUBUNGAN BUAH ALPUKAT PADA TULANG DAN PERSENDIAN

Tahukah anda? manfaat dalam buah alpukat lainnya ternyata memiliki nilai khasiat tersembunyi dimana sangat baik dalam mendukung kesehatan tulang dan persendian. Alpukat mengandung beberapa suplemen Foundation (suplemen yang saya anggap sangat penting untuk kesehatan tulang) yakni diantaranya ;

  • Vitamin K dalam alpukat mampu bekerja secara sinergi dengan Vitamin D untuk membantu mengatur produksi osteoklas yang menghapus tulang tua untuk memberi jalan bagi endapan tulang baru.
  • Sedangkan pada vitamin D nya, sangat berperan penting dalam mencegah risiko patah tulang
  • Kandungan vitamin C menjadi antioksidan kuat yang sangat penting untuk produksi kolagen, protein, yang memelihara tulang sehat dan tulang rawan.
  • Senyawa boron yakni trace mineral yang terlibat dalam metabolisme tulang dan aktivitas vitamin D yang mengurangi jumlah ekskresi kalsium dan magnesium urin.

Nutrisi dan manfaat Alpukat Makanan Kesehatan Tulang Sendi

Alpukat Makanan Kesehatan Tulang SendiAlpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang telah diketahui dengan penurunan risiko pada cacat tulang rawan. Sehingga asupan makanan seperti aplukat dan kedelai dapat membantun mengurangi risiko osteoarthritis sampai memperbaiki kepadatan mineral. Hal ini karena adanya kadar mineral penting dalam alpukat termasuk jumlah seng, fosfor, tembaga dan kalsium serta selenium didalamnya.

Komponen dengan adanya senyawa tersebut memungkinkan alpukat memiliki tindakan sebagai antioksidan, antiinflamasi dan tindakan chondroprotective atau protektif tulang rawan. Sifat ini membuatnya bermanfaat untuk penderita osteoartritis.

Osteoartritis melibatkan respons inflamasi pada cairan sinovial. Respon ini dimediasi oleh molekul pro-inflamasi seperti sitokinin, prostaglandin (terutama prostaglandin E2), interleukin, dll.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat bersama dengan pecahan kedelai yang tidak dapat diamputasi dapat menghambat ekspresi molekul pro-inflamasi seperti prostaglandin E2, COX-2, IL-1β (interleukin) dan lain-lain dalam tulang rawan. Sehingga efektif mengurangi rasa sakit pada pasien osteoarthritis.

Antioksidan yang terkandungan dalam alpukat dapat mengurangi stres oksidatif pada penderita arthritis. Stres oksidatif berperan penting dalam terjadinya osteoartritis. Overproduksi spesies oksigen reaktif (ROS) menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Telah ditemukan bahwa suplementasi antioksidan eksternal mampu mengurangi stres oksidatif dan karenanya, kerusakan tulang rawan dan perkembangan osteoarthritis. Asam askorbat yakni vitamin C dalam alpukat telah ditemukan mampu mencegah kerusakan kartilago dengan mengganggu jalur produksi spesies oksigen reaktif.

Minyak monounsaturated antioksidan, asam lemak esensial dan Vitamin E dalam alpukat sangat mempromosikan manfaat perbaikan kartilago pada osteoarthritis. Kekurangan folat diketahui memicu kematian sinoviosit (menghasilkan cairan sinovial) dengan memproduksi spesies oksigen reaktif. Kondisi ini juga merupakan faktor perkembangan osteoartritis. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa suplementasi folat juga ikut bermanfaat.

Alpukat yang kita kenal akan baiknya untuk jantung, mengontrol kadar kolesterol, diabetes, dan lainnya. Kini khasiat alpukat  untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian juga tidak perlu diragukan lagi. Itulah sedikit informasi mengenai sejumlah manfaat setelah konsumsi Alpukat Makanan Kesehatan Tulang Sendi.

Semoga artikelnya bermanfaat, salam sehat by rahasia herbal

Simak juga artikel lainnya ;

Alpukat Makanan Kesehatan Tulang Sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *