Bahaya Penyakit Hipoksia Dan Cara Pengobatannya

9 Aug

Bahaya Penyakit Hipoksia Dan Cara Pengobatannya,- Hipoksia, pasti anda masih merasa asing dengan nama istilah hipoksia ini?. Penyakit ini bukanlah sebuah penyakit seperti demam dan batuk atau berbagai penyakit yang sering menyerang manusia. Lalu apa yang dimaksud dengan hipoksia? apakah hipoksia berbahaya bagi kita? berikut ini adalah penjelasan mengenai hipoksia.

Penyakit Hipoksia

Apa Itu Penyakit Hipoksia?

Hipoksia adalah sebuah kondisi dimana ketersediaan oksigen ke jaringan tidak mampu memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Apakah anda paham? Jadi oksigen yang ada dalam tubuh anda tidak mampu untuk memenuhi persediaan oksigen ke jaringan seluruh tubuh. Karena hipoksia bukan sebuah penyakit yang sering menyerang manusia, melainkan hipoksia adalah kelainan pada manusia yang bisa mengakibatkan kekurangan oksigen pada tubuh.

Hipoksia ini juga bisa jadi gejala dari berbagai penyakit kronis seperti asma, gagal jantung, dehidrasi, bahkan sampai kanker. Banyak para ahli yang mengatakan bahwa hipoksia merupakan salah satu tanda bahwa anda memiliki penyakit kronis yang sangat parah.

Hipoksia bisa jadi sangat berbahaya, karena mampu membuat organ penting dalam tubuh seperti hati dan otak menjadi rusak akibat kekurangan oksigen. Hipoksia juga bisa menyerang siapa saja termasuk bayi yang lahir secara prematur. Hal itu, dikarenakan paru-paru nya belum berkembang sempurna. Berikut adalah tanda-tanda gejala hipoksia

Gejala Hipoksia

Gejala hipoksia bervariasi pada setiap orang. Namun, tanda-tanda gejala hipoksia yang biasa terjadi adalah :

  • Sesak napas
  • Denyut jantung jadi cepat
  • Sakit kepala dan kebingungan
  • Perubahan warna pada kulit mulai dari warna biru ke merah ceri
  • Faktor lainnya, Seperti gelisah dan berkeringat

Ada juga tanda-tanda gejala lain seperti di bawah ini :

  1. Merasa sesak napas setelah melakukan aktivitas walau hanya sedikit. Atau saat beristirahat.
  2. Merasa sesak napas yang lebih buruk ketika saat melakukan olahraga atau aktivitas fisik
  3. Terganggunya tidur anda karena sesak napas saat tidur

Oleh karena itu, ketika seseorang menderita sesak napas maka dibutuhkan asupan oksigen dari luar. Hal ini dikarenakan hipoksia merupakan sebuah gejala yang ditimbulkan dari penyakit kronis tertentu. Tetapi jika ada yang menderita sesak nafas saat sedang berada di ketinggian atau dataran tinggi, maka itu sering disebut dengan hipoksia ketinggian.

Jika anda memberi asupan oksigen yang berlebihan juga akan membuat jaringan tubuh jadi teracuni. Kondisi ini sering disebut dengan hiperoksia. Jika jaringa tubuh teracuni maka tubuh akan menderita vertigo, katarak, pneumonia, perilaku seseorang berubah, dan kejang-kejang.

Akan lebih baik jika anda melakukan tindakan secepatnya agar tidak menjadi semakin parah, berikut adalah cara pengobatannya

Pengobatan Hipoksia

Dengan melakukan perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipoksia, diantaranya

  • Makan yang benar dan tetap aktif
  • Cari tahu pemicu asma anda, jika anda menderita asma dan temukan cara untuk menghindarinya
  • Olahraga secara teratur, latihan yang tepat akan sangat membantu bagi anda untuk meningkatkan kekuatan keseluruhan dan daya tahan
  • Berhenti merokok. Karena jika anda telah di diagnosis dengan hipoksia atau penyakit paru-paru yang lain, berhenti merokok adalah salah satu hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki kondisi anda
  • Hindari menjadi perokok pasif, karena selain berhenti merokok, anda juga harus menghindari tempat yang dimana ada orang yang merokok. Karena asap rokok dapat menyebabkan banyak kerusakan paru-paru lebih parah daripada merokok itu sendiri.

Nah, Itulah penjelasan tentang Bahaya Penyakit Hipoksia Dan Cara Pengobatannya. Sekali lagi saya tekankan kepada anda untuk memiliki gaya hidup yang sehat, banyak olahraga, mengkonsumsi air putih, memiliki jam istirahat yang cukup, dan hindari polusi udara agar terhindar dari hipoksia.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua, dan menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi anda yang tidak tahu tentang hipoksia ini. Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *