Cara Mencegah Katarak Sejak Dini

21 Nov

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini,- Mata katarak merupakan penyakit mata yang cukup menakutkan karena bisa menyebabkan kebutaan. Mata katarak biasanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut, namun untuk mencegah penyakit ini Anda harus menjaga kesehatan mata Anda sejak dini.

Baca juga: Penyebab Mata Katarak

Gejala katarak sendiri ditandai dengan pandangan semakin kabur hanya dalam waktu singkat, pandangan kabur layaknya seperti melihat dalam asap dan menderita miopi (rabun jauh). Gejala katarak yang tidak segera diobati bisa menyebabkan glaukoma dan kebutaan permanen.

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini

Cara Mencegah Katarak Sejak DiniMeskipun katarak bisa disembuhkan dengan operasi namun pencegahan sejak awal menjadi langkah yang sangat penting. Berikut ini adalah cara mencegah katarak yang bisa Anda lakukan sejak dini:

1. Hindari Paparan Asap Rokok

Bahaya asap rokok juga sangat berbahaya untuk mata, salah satunya bisa meningkatkan risiko terkena katarak. Asap mengandung nikotin yang sangat berbahaya termasuk zat kimia yang akan merusak kebersihan mata.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes maka risiko katarak akan lebih besar dibandingkan orang sehat. Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat penuh dengan vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Batasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

3. Lindungi Mata dari Sinar UV

Melindungi mata dari bahaya sinar UV memang sangat tepat dilakukan. Anda harus berusaha menggunakan kacamata saat bekerja atau menyetir pada siang hari. Bahaya sinar ultraviolet untuk mata, bisa mempercepat pembentukan katarak. Jika Anda tidak merasa nyaman dengan kacamata maka gunakan topi yang lebar untuk menutupi area mata.

4. Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Terkadang beberapa penyakit atau kelainan mata akan terdeteksi jika sudah memburuk. Karena itu melakukan pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata sangat diperlukan. Cara ini akan membantu menemukan diagnosa dan deteksi awal kelainan mata yang terjadi. Langkah ini sangat bijak jika dilakukan sejak masih anak-anak dan frekuensinya akan meningkat setelah berumur lebih dari 40 tahun.

5. Jangan Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga bisa meningkatkan risiko terkena katarak. Banyak orang yang memang tidak menyadari bahwa alkohol bisa merusak mata. (Baca juga: Pantangan Makanan Untuk Penyakit Katarak)

6. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Antioksidan adalah bahan yang bisa mencegah proses stress oksidatif. Beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan terdiri dari vitamin C dan merupakan jenis vitamin yang bisa menghalangi proses terbentuknya katarak. Disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 250 mg vitamin C setiap hari demi mencegah katarak. Beberapa sumber makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah seperti jambu merah, jeruk, brokoli, sayuran berdaun hijau, kiwi, papaya, dan paprika.

7. Konsumsi Makanan Sumber Beta Karoten

Makanan yang mengandung beta karoten ternyata tidak hanya untuk mencegah kanker. Sebab makanan ini sangat baik untuk mencegah katarak. Beta karoten adalah vitamin yang bisa larut dalam lemak karena itu sangat disarankan untuk dikonsumsi bersamaan. Makanan yang menjadi sumber beta karoten misalnya adalah kangkung, wortel, papaya, lobak, sawi, ubi jalar dan bayam.

8. Konsumsi Makanan Tinggi Zeaxanthin dan Lutein

Salah satu jenis antioksidan yang sangat penting untuk mata adalah zeaxanthin dan lutein. Dua jenis zat antoksidan ini termasuk dalam golongan karotenoid yang banyak ditemukan pada bagian lensa mata. Bahkan karotenoid ini memiliki fungsi untuk menjaga agar lensa mata tetap selalu bersih. Semua jenis radikal bebas akan dilawan oleh zat-zat ini. Bahkan konsumsi zeaxhantin dan lutein akan membantu mata agar terlindungi dari bahaya sinar matahari. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah seperti bayam, lobak, sawi, kale, kacang hijau, selada, labu, asparagus, okra dan paprika hijau.

9. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin E

Banyak orang menganggap bahwa hanya vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Namun ternyata vitamin E juga sangat dibutuhkan karena bisa menjaga proses penuaan dan kerusakan lensa mata. Makanan yang mengandung vitamin E adalah kacang almond, bayam, sawi, biji bunga matahari, minyak zaitun, mangga, cabai merah, alpukat dan berbagai jenis makanan lain.

10. Minum Teh Secara Rutin

Teh adalah minuman super yang bisa mencegah berbagai penyakit termasuk katarak. Teh mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat sehingga bisa mencegah katarak dan berbagai kerusakan mata lain. Teh tanpa gula juga bisa membantu mengatasi kadar gula darah yang tinggi.

11. Turunkan Berat Badan jika Obesitas

Obesitas akan sangat buruk untuk kesehatan. Bahaya obesitas akan meningkatkan berbagai penyakit lain terjadi pada tubuh. Jika Anda memiliki berat badan berlebihan dan ingin tetap mempertahankan kesehatan mata maka Anda bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan yaitu olahraga dan konsumsi makanan diet seimbang nutrisi.

12. Batasi Konsumsi Garam

Hampir semua orang selalu menggunakan garam sebagai bumbu tambahan ketika memasak. Namun ternyata kebiasaan ini bisa sangat buruk untuk tubuh terutama mata. Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi atau membatasi asupan garam dalam makanan. Beberapa camilan atau snack juga mengandung garam tinggi. Garam bisa meningkatkan resiko katarak karena mendukung perkembangan penyakit lain seperti gejala diabetes dan gangguan fungsi ginjal.

13. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B2 dan B3

Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B2 dan B3 ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Makanan yang mengandung vitamin B memang bukan termasuk dalam golongan antioksidan, namun mampu melindungi lensa mata dari katarak. Orang yang kekurangan niasin dan riboflavin akan mengalai resiko katarak yang lebih besar. Beberapa jenis makanan yang mengandung riboflavin adalah daging tanpa lemak, yogurt, susu, almond, kopi dan bayam. Sementara makanan yang tinggi niasin adalah seperti ikan tuna, daging ayam tanpa kulit, kalkun, ikan salmon, kacang merah, jamur dan biji bunga matahari.

14. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup disini adalah anda disarankan untuk tidur sehari 8 jam. Hindari kebiasaan begadang, terllalu lama didepan komputer, terlalu lama membaca atau terlalu lama nonton tv. Jika mata terasa lelah, baiknya anda istirahat.

Bagi Anda yang ingin mengobati mata katarak secara alami tanpa operasi kini hadir Walatra Sehat Mata Softgel. Vitamin sekaligus obat herbal yang deiformulasikan khusus untuk mengatasi, mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit mata. Terbuat dari 100% bahan herbal pilihan yang sudah teruji dan terbukti. Info Lebih Lengkap KLIK >> Walatra Sehat Mata Softgel

Itulah cara mencegah katarak sejak dini yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat…

Salam sehat, by: Obat Mata Katarak Tradisional

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *