Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

30 Sep

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional,- Mata merupakan organ terpenting yang berfungsi sebagai organ penglihatan yang sangat berpengaruh besar terhadap jalannya semua kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, kesehatan mata harus dijaga secara optimal.

Cara Mengobati Mata Belekan Secara TradisionalSalah satu penyakit mata yang sering terjadi adalah belekan. Belekan merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi, debu atau luka. Mata belekan ditandai dengan gejala seperti berikut ini:

  • Terasa gatal pada mata, tidak di perkenankan untuk menggaruk mata.
  • Mata merah, panas dan perih.
  • Mata berair dan lelah
  • Mata sering mengeluarkan lendir kotoran yang kental berwarna hijau atau keabuan.

Untuk mengatasi gejala mata belekan diatas, Anda dapat melakukan pengobatan dengan alami. Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati mata belekan secara tradisional:

1. Madu

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati mata belekan. Caranya Anda cukup mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata, lalu diamkan sampai agak kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara ini efektif untuk meredakan mata yang lelah karena belekan atau iritasi dan menghilangkan belekan dalam waktu singkat.

2. Daun Sirih

Mengobati mata belekan dengan daun sirih juga bisa dilakukan untuk mengurangi bakteri dan kotoran yang sering keluar melalui ujung mata. Caranya cuci sampai bersih 3 lembar daun sirih, lalu rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat dan diamkan sampai dingin kemudian saring. Gunakan air rebusan tersebut dengan cara meneteskan pada mata seperti obat tetes mata, oleskan pada area mata, atau Anda juga bisa merendam mata Anda dalam rebusan air daun sirih.

3. Bawang Putih

Cara Mengobati Mata Belekan Secara TradisionalSelain untuk menyedapkan masakan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan terapi untuk sakit mata seperti belekan. Caranya adalah cuci bawang putih sampai bersih dan keringkan. Gunakan handuk atau lap yang bersih agar bawang putih yang sudah di cuci tetap higienis. Potong ujung bawang putih dan oleskan pada daerah kelopak mata. Lakukan gerakan tersebut secara hati-hati karena dapat memberikan efek perih pada mata. Setelah beberapa menit, cuci kelopak mata dengan air secara perlahan.

4. Mentimun

Mentimun memiliki efek yang menyegarkan, selain untuk masker wajah mentimun juga dapat digunkan untuk mengobati mata belekan. Anda hanya perlu menyediakan mentimun segar tanpa dikupas dan menempelkannya pada mata yang tertutup. Cara ini efektif sebagai antioksidan alami yang membantu mata dalam proses penyembuhan serta menyegarkan mata yang perih akibat iritasi.

5. Air Mawar

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

Air mawar diyakini efektif untuk menghilangkan kuman secara langsung. Caranya Anda hanya perlu menyediakan air mawar dalam wadah yang sudah berisi air bersih. Agar lebih aman gunakan air mineral dalam kemasan. Teteskan beberapa bagian air mawar dan cuci mata dengan air tersebut. Celupkan mata kemudian angkat dan gunakan untuk berkedip.

Lakukan hingga berulang ulang secara bergantian untuk mata kanan dan kiri kamu. Kamu bisa melakukannya beberapa menit saja jangan terlalu lama. Dan kamu bisa menggunakannya 3 kali sehari untuk proses penyembuhan sakit mata kamu.

6. Air Hangat

Air hangat memiliki fungsi sebagai pengontrol sirkulasi darah, peluntur lemak alami, dan meredakan nyeri pada mata belekan. Terapi air hangat untuk mata belekan dilakukan dengan cara mengompres mata menggunakan air hangat. Anda hanya perlu menyediakan air hangat dan celupkan handuk bersih pada air tersebut. Peras handuk dan kompres mata dengan kondisi tertutup menggunakan handuk hangat, pastikan handuk dan tangan tetap steril.

7. Kentang

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

Tahukah Anda ternyata kentang memiliki khasiat untuk menyembuhkan mata belekan? Caranya adalah sediakan 1 butir kentang ukuran sedang, lalu kupas dan cuci bersih. Kemudian blender kentang hingga menjadi jus. Gunakan jus kentang tersebut untuk mengompres mata. Cara ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pada area mata dan mengurangi bengkak yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada mata.

8. Patikan Kebo

Daun patikan kebo seringkali digunakan sebagai obat alami nenek moyang zaman dulu. Selain untuk menyembuhkan berbagai luka atau penyakit, daun patikan kebo juga bermanfaat untuk mengatasi mata belekan. Caranya sediakan 3 tangaki daun patikan kebo, lalu ambil getahnya dan oleskan pada sekitar area mata yang sakit. Diamkan beberapa saat sambil mata tetap terbuka, kemudian cuci dengan air dingin hingga bersih. Anda dapat melakukan cara ini 2-3 kali sehari.

9. Susu

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

Susu murni juga dapat dijadikan sebagai bahan alami penghilang sakit mata belekan. Pengobatan dengan susu murni Anda hanya perlu mengompres mata dengankapas steril yang telah dicelupkan pada susu murni. Lakukan cara ini berulang hingga mata terasa segar.

10. Konsumsi Buah-buahan

Mata belekan juga dapat disebabkan karena rapuhnya pertahanan mata terhadap efek radikal bebas. Perbanyak konsumsi buah terutama yang banyak mengandung vitamin A. Karena vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Contoh buah yang mengandung vitamin A seperti mangga, melon, tomat, pepaya, apel dan lainnya. Selain itu, wortel juga dikenal sebagai sayuran yang sangat baik untuk mata.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Wortel

Selain dengan cara diatas, kami rekomendasikan suplemen untuk kesehatan mata yakni Walatra Sehat Mata Softgel yang mampu mengobati berbagai macam penyakit mata termasuk mata belekan secara alami dan efektif aman tanpa efek samping. Terbuat dari bahan herbal alami yang diproses menggunakan teknologi canggih modern yakni TEKNOLOGI NANO dengan standar BPOM. Sehingga produk yang dihasilkan terjamin dan berkualitas serta bersertifikat HALAL. Untuk informasi mengenai Walatra Sehat Mata Softgel lebih lengkap dan cara pemesanan, klik >> Obat Mata Belekan Tradisional

 

Itulah informasi mengenai cara mengobati mata belekan secara tradisional. Semoga bermanfaat..

Salam sehat, by:

www.rahasiaherbal.com

 

Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *