Benarkah Ceri Merah Mampu Menghambat Asam Urat?

8 Jul

Benarkah Ceri Merah Mampu Menghambat Asam Urat? Salah satu manfaat ceri adalah makanan bergizi padat yang kaya akan senyawa anthocyanin, quercetin, hydroxycinnamates, potasium, karotenoid dan melatonin. Selain itu ia juga termasuk berserat tinggi dan sumber dari vitamin C. Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang konsisten dapat membantu mengurangi kadar asam urat hingga 50% dan mampu mengendalikan peradangan sendi yang gout yang dilumasi, di mana ia merupakan penyebab utama sakit asam urat yang parah.

Benarkah Ceri Merah Mampu Menghambat Asam Urat?  Lantas Apa Saja Kandungan Yang Terdapat Di Dalamnya?

Benarkah Ceri Merah Mampu Menghambat Asam Urat?

Ceri termasuk salah satu makanan yang bersifat anti-inflamasi juga. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition mengevaluasi kemampuan ceri untuk mengurangi kerusakan otot dan rasa sakit selama latihan berat.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh para wanita yang telah mengkonsumsi dua  porsi ceri manis setelah semalam cepat. Sampel darahdan urin yang diambil sebelum dan sesudah dosis ceri menunjukan bahwa ternyata ia mampu menurunkan peradangan, menghambat jalur inflamasi dan menurunkan urat plasma yang merupkaan garam yang berasal dari asam urat.

(* Sumber Makanan Rendah Purin

Ceri juga tinggi akan kalium. Di mana secangkir ceri dapat memenuhi 9% nilai harian asupan potasium yang dianjurkan. Di mana ia mampu berkontribusi membantu tubuh mempertahankan keadaan sedikit basa yang mencegah dari pembentukan asam dalam darah terutama asam urat serta memberi manfaat dalam memberi makan mineral yang dibutuhkan untuk beberapa fungsi tubuh termasuk organ jantung, ginjal, otak dan otot. Kalium dapat mengurangi risiko stroke, mengurangi tekanan darah tinggi, kram otot dan sampai meningkatkan kekuatan otot.

Buah ceri sangat rendah kalori yakni hanya sekitar 63 kalori untuk 100g. Ia juga merupakan makanan  kaya pigmen yang memiliki sifat antioksidan dan agen anti inflamasi yang mampu membantu mengurangi dari risiko penyakit jantung. Selain itu, ceri juga mampu membantu tubuh untuk melawan kanker, penuaan, jet lag, penyakit neurologis, bahkan sampai mampu memberikan efek penenang pada sistem saraf yang membant meringankan penyakit neurosis, insomnia dan depresi.

(* Ketahui Dampak Akibat Gangguan Sendi Rahang Yang Dibiarkan

Efek antioksidannya lainnya juga mampu menstabilkan molekul yang tidak stabil yang disebut sebagai radikal bebas  yang telah menjadi pemicu peradangan serta kerusakan sel dan jaringan. Pigemen yang membuat ceri merah disebut anthocyanin, mereka mampu membantu tubuh melarutkan kristal asam urat serta membantu mereka dieksresikan oleh ginjal.

Mungkin sedikit terdengar aneh rasanya ceri dapat menurunkan dari risiko encok, karena kondisi ini sering dikaitkan dengan kandungan gula dan fruktosa di dalamnya. Sehingga membatasinya adalah salah satu bagian terpenting dalam mengelola dan mencegah serangan asam urat terjadi. Hal ini pula yang menjadikan mengkonsumsi ceri tidak dalam jumlah berlebihan.

Demikian fakta mengenai manfaat buah ceri merah bagi penderita asam urat. Semoga informasinya bermanfaat dan lekas sembuh..

By Rahasia Herbal

Benarkah Ceri Merah Mampu Menghambat Asam Urat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *