Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Anda Waspadai

10 Nov

Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Anda Waspadai,- Mata belekan merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena adanya lendir yang mengandung kotoran pada mata. Kotoran tersebut berasal dari debu, iritasi mata, dan benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami mata merah, rasa gatal yang tidak tertahankan, mata berair dan susah untuk membuka mata saat bangun tidur. Dan air matalah yang biasanya membantu membersihkan kotoran di dalam mata kita.

(* Penyebab Mata Belekan Saat Bangun Tidur

Air mata merupakan komponen yang penting yang terdiri dari air, meibum (zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar meibom), terletak membujur di kelopak mata yang dapat membantu menjaga mata Anda tetap lembab terlumasi sekaligus membilas kotoran keluar dari mata di antara kedipan.

Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Anda Waspadai

Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Anda Waspadai

Saat Anda tertidur permukaan mata akan tetap lembap karena mata tertutup rapat dan produksi air mata berkurang, sehingga dapat menimbulkan masalah kekeringan mata. Akibatnya, sisa sampah dimata menjadi sulit untuk bergerak menuju saluran drainase air mata. Sisa kotoran tersebut dapat kita temukan dipojok terluar mata dan kotoran inilah yang disebut dengan belek. Mata belekan merupakan hal yang lumrah terjadi, tetapi jika terjadi perubahan pada tekstur, jumlah, warna dan disertai dengan rasa sakit sebaiknya segera periksakan masalah Anda ke dokter.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri mata belekan yang harus Anda waspadai antara lain:

1. Lendir hijau atau keabuan kental

Belek mata yang menyerupai lendir kehijauan atau putih keabuan dapat menunjukkan infeksi mata yang diakibatkan bakteri piogenik (produsen nanah), alias konjungtivitis bakterial. Peradangan selaput mata ini juga ditandai dengan mata kemerahan, seperti berpasir, teriritasi, dan gatal.

2. Lendir berwarna kuning

Lendir berwarna kuning yang disertai dengan rasa sakit saat berkedip dan benjolan kecil di kelopak mata seperti jerawat (bengkak, kemerahan) dapat disebabkan oleh tembel, alias hordeolum (mata bintitan). Kelenjar kelopak mata kada bisa tersumbat dan terinfeksi, menyebabkan lendir.

3. Lendir berbusa berwarna kuning kehijauan

Disfungsi kejelnjar meibom (MGD) dapat menyebabkan terbentuknya belek di mata yang berlendir bertekstur seperti nanah berwarna kuning kehijauan yang berbusa, serta diikuti oleh beberapa gejala menyakitkan lainnya.

(* Cara Mengobati Mata Belekan Secara Tradisional

4. Lendir berwarna putih atau kuning

Lendir berwarna putih atau kuning yang jatuh bersama air mata adalah tanda umum dari dakriosistitis, infeksi sistem drainase air mata atau kantung nasolakrimalis.

5. Lendir berwarna putih berair, lengket, dan berserabut

Munculnya lendir berwarna putih berair, lengket, dan berserabut merupakan tanda dari konjungtivitas alergi. Akibat dari reaksi alergi ini menyebabkan mata memproduksi belek serta partikel lainnya yang bercampur menjadi satu dan mengental pada bagian bawah mata. Penyebab lain dari konjungtivitas alergi adalah debu, iritasi, serbuk sari, bulu, make up, cairan lensa kontak, tetes mata dan polutan bahan kimia lainnya dapat mempengaruhi dan menyebabkan masalah alergi pada mata.

6. Belek tebal kering berpasir

Belek yang berkerak menumpuk tebal di kelopak dan bulu mata mungkin disebabkan oleh blepharitis. Blepharitis kadang disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di kulit Anda. Bakteri dapat tumbuh dan menginfeksi kelopak dan bulu mata, menyebabkan kemerahan dan peradangan. Kelopak mata juga dapat menebal dan membentuk sisik kulit mati seperti ketombe.

7. Lendir tercampur dengan air mata

Lendir yang tercampur dengan air mata juga bisa berwarna kuning pucat yang disebabkan oleh konjungtivitis virus. Konjungtivitis virus ini sering dikaitkan dengan virus penyebab penyakit pernafasan bagian atas.

Itulah ciri-ciri mata belekan yang harus Anda waspadai. Jika mata belekan Anda berupa nanah atau darah (pendarahan subconjunctival), segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengoabtan yang tepat.

Jaga dan rawatlah kesehatan mata Anda dengan rutin dan teratur agar mata Anda selalu terjaga kesehatannya dan terhindar dari risiko berbagai penyakit mata. Untuk menjaga kesehatan mata, kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan produk herbal yang terbuat dari 100% bahan alami pilihan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit mata. Produk herbal tersebut adalah Walatra Sehat Mata Softgel

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

 

Ciri-Ciri Mata Belekan Yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *