Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia Yang harus Diketahui

27 Sep

Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia Yang harus Diketahui

Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia?. Jika iya!, kebetulan sekali anda datang ke situ ini, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan mengenai berbagai penyakit dan kesehatan sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis tanpa efek samping.

Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia. Ingin tahu apa saja ciri-cirinya? simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Pneumonia

Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia Pneumonia atau lebih dikenal dengan istilah paru-paru basah adalah infeksi yang bisa memicu inflamasi pada kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Pada penderita pneumonia, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi dengan cairan.

Penyakit ini juga sering disebut bronkopneumonia, pneumonia lobular, dan pneumonia bilateral. Secara umum, pneumonia dapat ditandai dengan gejala-gejala yang meliputi batuk, demam, dan kesulitan bernapas.

Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia bisa terjadi juga akibat jamur, sama seperti virus dan juga bakteri, jamur pun bisa menginfeksi paru-paru. Infeksi jamur di paru-paru bisa menyebabkan inflamasi oleh paru-paru, oleh karena itu penyakit penumonia bisa dipicu jugaoleh udara yang buruk. Karena udara yang kurang bersih maka jamur bisa ditemukan di dalamnya, dan dapat terhirup masuk kedalam paru-paru melalui hidung. kondisi seperti ini lebih rentan terjadi di saat kekebalan tubuh buruk, selain itu, penyakit pneumonia bisa dikarenakan ada cairan atau objek asing masuk ke paru-paru dengan nama penyakit pneumonia aspirasi.

Faktor pemicu pneumonia bisa disebabkan oleh penyakit autoimun yang dimana kesehatan sangat lemah, jadi rentan untuk di infeksi oleh apapun . Adapun Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia yang bisa dialami oleh penderita, seperti di bawah ini :

1 Batuk Kering atau Batuk Berdahak

Penderita pneumonia biasanya akan mengalami batuk kering atau batuk berdahak. Akan tetapi kebanyakan kasus menunjukan gejala batuk berdahak sebagai gejala yang lebih sering muncul pada penderita pneumonia. Biasanya dahak akan berwarna kuning atau hijau di sertai dengan darah.

2. Sesak Napas

Penderita pneumonia memiliki kondisi paru-paru dengan kantong-kantong kecil di dinding paru-paru yang terisi dengan cairan dan dalam keadaan membengkak. Kondisi semacam itu akan menghambat masuknya oksigen ke dalam paru-paru. Penderita paru-paru biasanya akan mengalami sesak napas dan tersengal-sengal ketika bernapas. Kondisi semacam itu biasanya tidak akan membaik meskipun penderita sudah istirahat.

3. Sakit Kepala

Penderita pneumonia biasanya akan mengalami sakit kepala. Bahkan gejala ini merupakan gejala paling umum yang dialami oleh penderita pneumonia pada usia anak-anak hingga dewasa. Jika anda memiliki riwayat penyakit pneumonia dan mengalami gejala sakit kepala maka sebaiknya anda segera memeriksa diri ke dokter. Sakit kepala sangat mungkin terjadi pada penderita pneumonia karena kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh relatif kurang sehingga suplai oksigen ke otak juga tidak optimal.

4. Demam

Selain sakit kepala, mual, dan muntah, pneumonia juga ditandai dengan gejala demam. Demam muncul sebagai akibat adanya infeksi pada paru-paru. Infeksi tersebut memicu produksi antibodi pada sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan melakukan penyerang terhadap infeksi. Kondisi itulah yang akan menyebabkan tubuh demam dan juga menggigil.

5. Detak Jantung Lebih Cepat

Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia ini adalah Seorang penderita pneumonia sudah tentu akan memiliki jumlah oksigen yang relatif sedikit didalam tubuhnya. Kondisi tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyebarkan oksigen dalam jumlah yang terbatas ke seluruh tubuh. Akibatnya jantung akan berdetak lebih cepat sebagai upayanya untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah itulah penjelasan saya kali ini mengenai Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia Yang harus Diketahui. Semoga apa yang saya bahas kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberi wawasan lebih luas lagi, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *