Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim Sampai Cara Pengobatannya

6 Dec

Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim Sampai Cara Pengobatannya

Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim,– Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim? Jika iya, kebetulan sekali anda datang ke situs ini, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan berbagai penyakit dan kesehatan lainnya sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis tanpa efek samping.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi tentang Bahaya Penyait Eksim Basah yang Harus Diketahui. Nah, kali ini saya akan membahas informasi selanjutnya yaitu Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim, Ingin tahu apa saja gejala dan penyebab dari penyakit ini? kalau begitu mari simak penjelasannya berikut ini.

Penyakit Eksim

Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim Apakah anda menemukan kulit merah, kering dan gatal-gatal dalam diri anda?. Bisa jadi itu adalah penyakit eksim yang merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kelainan kulit yang mengakibatkan bagian tubuh yang terserang akan terasa gatal. Eksim terjadi karena peradangan pada lapisan kulit, baik itu pada lapisan epidermis maupun dermis. Penyebab penyakit eksim di kulit ini salah satunya karena alergi. Eksim merupakan sebuah kondisi kulit yang menyerupai alergi, berupa kemerah-merahan dan bersisik.

Eksim di picu karena adanya zat asam yang berlebihan pada kelenjar getah bening atau karena proses detoksifikasi pada tubuh melalui ginjal dan lambung, yang melalui pori-pori kulit, sehingga bisa memicu eksim. Penyakit kulit ini sering kali dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau bisa juga karena masalah pencernaan akibat salah makan sehingga kuman atau racun terserap ke dalam aliran darah.

Penyebab Eksim

Sebagian orang beranggapan bahwa penyakit ini adalah penyakit yang menular. Hal tersebut dilihat dari keadaan penderita yang pada umumnya kurang memperhatikan kebersihan, sehingga disimpulkan bahwa penyakit eksim ini menular. Pada penyakit ini dapat juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun sebenarnya apa penyebab dari penyakit eksim ini belum diketahui secara pasti. Dan eksim berhubungan dengan aktivitas daya tahan tubuh yang berlebihan.

Hal ini akan menyebabkan tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap iritas atau bakteri yang sebenarnya tidak berbahaya bagi kulit. Akan tetapi, penyakit ini banyak ditemukan pada keluarga yang memiliki riwayat penyakit asmi. Beberapa penyebab yang diperkirakan adalah kulit kering, iritasi sabun dan detergen, atau bahan kimia lainnya.Selain itu kondisi stres, alergi, dan infeksi potagen juga dapat menyebabkan penyakit tersebut.

Gejala Eksim

Gejala yang paling utama bagi penderita eksim adalah rasa gatal yang tidak tertahankan di bagian yang terkena. Gejala tersebut disertai dengan kulit bersisik, peradangan dan bersifat kambuh-kambuhan yang mana akan dirasakan di bagian yang gatal, kadang juga sebelum adanya tanda di kulit, rasa gatal sudah muncul.

Kulit kemerahan biasanya muncul pada tangan, wajah, lutut, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. Selain itu, pada kulit yang terkena gejala penyakit tersebut akan menebal, sangat kering atau menjaring korengan. Eksim sendiri adalah penyakit episodik sehingga terkadang kulit akan membaik, lalu memburuk lagi dan begitu seterusnya.

Pengobatan Eksim

Pengobatan penyakit eksim bertujuan untuk menghilangkan rasa gatal sehingga terjadinya infeksi dapat dihindari penderitanya. Pemakaian krim pelembap dan lotion sangat dianjurkan ketika kulit penderita eksim merasa kering dan gatal. Perawatan ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih lembap. Penderita dapat menggunakan salep atau krim hydrokortison yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi proses inflamasi yang sering disebut dengan peradangan.

Sedangkan jika daerah eksim yang telah terinfeksi, maka berikan obat antibiotika untuk mengatasi infeksi yang terjadi. Antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab infeksi

Nah, itulah penjelasan saya kali ini mengenai Gejala dan Penyebab Penyakit Eksim Sampai Cara Pengobatannya. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk anda smeua ndan memberikan wawasan yang lebih luas lagi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *