Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia Juga Cara Pencegahannya

11 Oct

Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia Juga Cara Pencegahannya

Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia? Jika iya!, anda datang ke tempat yang tepa, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan mengenai berbagai penyakit dan kesehatan sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis tanpa efek samping.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi mengenai Ciri- Ciri Penyakit Pneumonia Yang harus Diketahui. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia. Ingin tahu apa saja gejala dan penyebab dari penyakit tersebut? simak penjelasannya di bawah ini.

Penyakit Pneumonia

Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia Pneumonia atau sering dikenal dengan istilah paru-paru basah adalah infeksi yang bisa memicu inflamasi pada kantong udara di salah satu kedua paru-paru. Pada penderita Pneumonia, sekumpulan kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi dengan cairan.

Penyakit ini juga sering disebut bronkopneumonia, pneumonia lobular, dan pneumonia bilateral. Secara umum, pneumonia dapat ditandai dengan gejala-gejala yang meliputi batuk, demam, dan kesulitan bernapas.

Gejala Penyakit Pneumonia

Gejala Penyakit ini sangat bervariasi, berdasarkan tingkat keparahannya. Keragaman gejala tersebut juga bisa diakibatkan oleh perbedaan pada jenis bakteri pemicu infeksi, usia, dan kondisi kesehatan pengidap. Walau demikian, gejala yang umum biasanya muncul, seperti :

  • Diare
  • Demam
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Berkeringat dan menggigil
  • Napas terengah-engah dan pendek
  • Rasa sakit pada dada ketika menarik napas atau batuk
  • Batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau, atau disertai darah.

Jika anda mengalami gejala sama seperti diatas, segeralah cari bantuan medis. Jika muncul gejala-gejala yang lebih parah lagi, seperti napas jadi pendek, sakit dada, atau linglung menyerang tidak boleh di nantikan lagi harus segara diobati secepatnya.

Penyebab Penyakit Pneumonia

Streptococcus pneumoniae adalah bakteri yang paling sering menyebabkan pneumonia. Akan tetapi, penyakit ini juga bisa dipicu oleh virus serta fokus lain, seperti :

  1. Pneumonia Akibat Virus. Sebagian pemicu flu atau pilek juga bisa menyebabkan pneumonia. Pneumonia ini sering kali dialami oleh balita.
  2. Pneumonia Akibat Jamur. Pneumonia ini paling sering dialami oleh orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun atau penyakit kronis.
  3. Pneumonia Aspirasi. Ini merupakan jenis pneumonia yang dipicu karena pengidap penghirup objek asing, seperti makanan atau minuman, muntah atau ludah.

Penularan juga bisa mempengaruhi jenis kuman penyebab pneumonia. Seperti, kuman penyebab pneumonia yang terdapat di lingkungan umum berbeda dengan pneumonia yang didapat di rumah sakit.

Cara Pencegahan Penyakit Pneumonia

Cara pencegahan penyakit ini dapat kita lakukan dengan langkah sederhana, seperti beberapa cara di bawah ini, antara lain:

  1. Jangan Merokok, Karena asap rokok dapat merusak paru-paru sehingga lebih mudah terinfeksi
  2. Menjaga Kebersihan, agar terhindar dari penyebaran virus, seperti sering mencuci tangan.
  3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Agar Tetap kuat. Misalnya dengan teratur teratur berolahraga, cukup istirahat, serta menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.
  4. Menjalani Vaksinasi. Vaksin adalah langkah penting agar kita terhindar dari pneumonia maupun penyakit lainnya. Harus ingat bahwa vaksin pencegah pneumonia bagi orang dewasa berbeda dengan anak-anak.
  5. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan Dan Berkepanjangan. Karena kebiasaan seperti ini akan menurunkan daya tahan paru-paru anda sehingga anda akan rentan terkena pneumonia beserta komplikasinya.

Nah itulah penjelasan saya kali ini mengenai Gejala Dan Penyebab Penyakit Pneumonia Juga Cara Pencegahannya. Semoga apa yang saya bahas kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *