Gejala Mata Bintitan

28 Dec

Gejala Mata Bintitan,- Bintitan atau dalam bahasa medis disebut hordeolum adalah kondisi ketika bintil yang menyakitkan mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan penderita.

Gejala Mata BintitanPenyakit mata bintitan diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu hordeolum interna dan hordeolum eksterna. Hordeolum interna merupakan bintitan yang muncul dibagian dalam kelopak mata, sedangkan hordeolum eksterna ialah bintitan yang tumbuh dibagian luar kelopak mata.

Gejala Mata Bintitan

Berikut adalah ciri-ciri mata bintitan yang mudah dikenali, antara lain:

  • Muncul benjolan dibagian bawah atau bagian atas kelopak mata.
  • Benjolan tersebut berwarna kemerahan, terasa nyeri dan terasa hangat.
  • Pembengkakan kelopak mata.
  • Mata terasa kering seperti berpasir dan gatal.
  • Mata berair.

Penderita mata bintitan sebelumnya pernah mengalami masalah infeksi lain pada matanya. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 atau penyakit kulit seperti dermatitis seboroik berisiko lebih tinggi mengalami bintitan.

Meskipun mata bintitan tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terlalu lama dan tidak diobati dapat mengeluarkan nanah serta akan menyebabkan infeksi yang meluas hingga ke kelopak mata sehingga timbul yang disebut dengan selulitis periorbital.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Pada umumnya mata bintitan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Bintitan akan sembuh setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan tersebut karen dapat memicu penyebaran infeksi.

Namun proses penyembuhan dapat dipercepat dengan cara sederhana yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Menjaga kebersihan mata, misalnya dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  2. Kompres air hangat selama 5 sampai 10 menit. Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  3. Jangan memakai lensa kontak. Hindari lensa kontak sampai bintitan sembuh.
  4. Analgesik. Anda bisa mengonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika dibutuhkan.

Jika dengan cara diatas belum ada perubahan, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. (Baca juga: Ramuan Tradisional Mata Bintitan)

Cara Mencegah Mata Bintitan

Hal terpenting agar terhindar dari bintitan adalah dengan menjaga kebersihan mata. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu:

  • Jangan menggosok mata. Karena tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
  • Sering mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
  • Jika Anda memakai lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
  • Hindari kosmetik yang kedaluwarsa, bersihkan make up sebelum tidur dan selalu mencuci wajah secara berkala ketika minyak dan kotoran hinggap di wajah.

Itulah informasi mengenai beberapa gejala mata bintitan yang harus Anda kenali sejak dini. Semoga bermanfaat…

Salam sehat, by:

Pengobatan Mata Bintitan Tradisional

Gejala Mata Bintitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *