Hubungan Garam Dengan Asam Urat

5 Mar

Hubungan Garam Dengan Asam Urat, Berdampak Negatifkah ?? Penyakit asam urat dulu lebih dikenal sebagai penyakit orang kaya, yang mana pola makannya yang sering mewah atau seringkali tidak memperhatikan asupan yang mereka konsumsi. Namun seiring penelitian berkembang, bahwa penyakit asam urat telah diketahui terjadi sebagai akibat dari diet, stres, penggunaan alkohol, obat-obatan, dan kondisi lain yang mendasari.

Hubungan Garam Dengan Asam Urat

Hubungan Garam Dengan Asam Urat

Asam urat yang sudah kita ketahui adalah gangguan metabolisme di mana ketika kadar asam urat dalam tubuh tinggi, akhirnya menghasilkan masalah dengan gejala menyerang persendian. Purin telah menjadi salah satu pemicu asam urat yang ditemukan pada penyakit asam urat. Dimana adanya pembengkakan, nyeri, kemerahan pada sendi seperti jari, pergelangan kaki, lutut dan bagian sendi lainnya merupakan ciri-ciri dari adanya masalah asam urat.

Asam urat juga telah dikaitkan penyebabnya karena asupan dari garam. Penelitian yang diterbitkan pada  Januari “New England Journal of Medicine” menyatakan bahwa menurunkan asupan garam secara signifikan mengurangi kambuhnya batu ginjal pada penderita asam urat.

Asam urat serum dan eksresi albumin urin cenderung meningkat seiring berjalannya waktu serta usia. Albumin sendiri merupakan protein yang harus diserap kembali dalam darah. Jika ginjal rusak atau sakit, maka hasilnya albumin akan mengalami kebocoran ke urin.

“Mereka yang memiliki asupan garam tinggi dibandingkan dengan asupan garam rendah memiliki risiko hipertensi yang lebih tinggi jika mereka memiliki kadar ekskresi albumin dan serum asam urat yang lebih tinggi,” penulis utama penelitian Dr. John P Forman.

Karena tubuh tidak dapat membuang asam urat, ia mengikat dirinya dengan natrium klorida untuk membentuk kristal baru yang tersimpan langsung di tulang dan persendian. Inilah penyebab dari berbagai jenis rematik, asam urat, batu ginjal dan empedu.

Penelitian yang diterbitkan dalam terbitan The New England Journal of Medicine edisi Januari 2002 menyatakan bahwa menurunkan asupan garam secara signifikan mengurangi kekambuhan batu ginjal pada penderita asam urat. Bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal dan batu ginjal yang bisa dikaitkan dengan asam urat juga, diet rendah natrium sangat penting untuk tidak memperburuk kondisi tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai Hubungan Garam Dengan Asam Urat, apa saja dampaknya? semoga artikelnya bermanfaat. Salam sehat, by rahasia herbal

Baca juga artikel lainnya ;

Hubungan Garam Dengan Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *