Inilah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker

26 Dec

Inilah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker,- Sering kali masyarakat kesulitan untuk membedakan antara tumor dan kanker, padahal keduanya mempunyai ciri masing-masing dan tidaklah sama serta mudah dipahami jika ingin mengetahuinya.

Kedua penyakit berbahaya tersebut dapat dibedakan dengan mudah. Namun karena ketidak tahuan masyarakat terhadap perbedaan tumor dan kanker yang menjadikan permasalah tersendiri. Perbedaan tumor dan kanker terletak pada reaksi dan perkembangannya. Sebelum membahan lebih dalam mengenai perbedaan tumor dan kanker, alangkah baiknya jika mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Definisi Tumor dan Kanker

Tumor atau barah adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya dan mirip dengan simtoma bengkak. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan sebagai tumor ganas (malignan) dan tumor jinak (benigh). Tumor jinak bersifat diam dan tidak melakukan invasi pada sel-sel disekitarnya, sedangkan tumor ganas dapat melakukan invasi ke sel jaringan tubuh lainnya.

Sedangkan kanker adalah sutu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel kanker jika tidak ditangani dengan cepat maka akan membelah diri dan menyebar luas di dalam jaringan tubuh lainnya.

Inilah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker

Inilah Letak Perbedaan Tumor dan KankerDari penjelasan di atas terkait dengan tumor dan kanker maka bisa kita simpulkan mengenai perbedaan tumor dan kanker. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini.

Tumor

  • Tumor berbentuk benjolan yang mempunyai selaput atau kantung yang menyelimutinya
  • Sel tumor memiliki bentuk yang sama seperti sel pada awalnya
  • Tidak merusak jaringan lainnya, namun hanya saja dapat bertambah besar
  • Pertumbuhannya relatif lambat
  • Cara penanganannya dengan tindakan operasi untuk mengangkat benjolan

Kanker

  • Terdapat benjolan namun tidak berselaput
  • Sel kanker memiliki bentuk yang berbeda dengan sel awalnya
  • Bertambah besar dan merusak jaringan disekitarnya
  • Sel kanker dapat lepas melalui peredaran darah dan kelenjar limpe kemudian tumbuh di organ lainnya (menyebar)
  • Tindakan operasi dilakukan hanya mengangkat benjolan yang terlihat dan tidak bisa menangani dengan tuntas.
  • Masih menjalani proses kemoterapi, radiasi, terapi dan lain sebagainya untuk mematikan penyebaran sel kanker yang larut dalam aliran darah dan kelenjar limpe.

Perbedaan tumor dan kanker mendasar itulah yang harus diketahui oleh masyarakat luas agar tidak menyalah artikan dan salah konsep mengenai tumor dan kanker. Setelah mengetahui dan memahami perbedaan tumor dan kanker, perlu anda ketahui untuk antisipasi bahwa kanker merupakan pembunuh nomor wahid di banyak negara berkembang. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan merubah pola hidup menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Rahasia Herbal QnC Jelly Gamat

Baca juga : Penyebab dan Gejala Tumor Otak

Inilah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker

One thought on “Inilah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker

  1. Pingback: Kenali Tumor di Leher serta Penyebab dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *