Jenis-Jenis Penyakit Herpes Yang Harus Anda Ketahui

1 Nov

Ini Dia Jenis-Jenis Penyakit Herpes Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Penyakit Herpes,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Jenis-Jenis Penyakit Herpes agar bisa tahu jenis yang berbahaya dan yang tidaknya? jika iya!, kebetulan sekali anda datang ke situs ini, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan mengenai berbagai penyakit kesehatan sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis tanpa efek samping.

Sebelumnya saya sudah membahas informasi mengenai Ciri-ciri Penyakit Herpes Yang Harus Di Waspadai. Kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai Jenis-Jenis Penyakit Herpes. Ingin tahu apa saja jenis-jenis dari penyakit tersebut? kalau begitu mari simak penjelasannya di bawah ini.

5 Jenis Penyakit Herpes Yang Diketahui

Jenis-Jenis Penyakit Herpes Penyakit herpes merupakan penyakit kulit yang tergolong kedalam penyakit menular seksual (PMS). Penyakit tersebut menular melalui mulut, vagina, dan kulit yang luka. Virus yang ada pada herpes juga dapat hilang dan timbul kembali pada waktu tertentu. Penyakit herpes disebabkan oleh kontak langsung dengan penderita dan hubungan seksual dengan penderita. Dan berikut adalah Jenis-Jenis Penyakit Herpes yang harus diketahui oleh kita semua, antara lain:

1. Herpes Liabialis (HHV1)

HHV1 atau disebut juga dengan Human Herpes Virus 1 sering disebut juga dengan virus simpleks tipe 1. Herpes Liabialis ini sering ditemukan pada anak-anak dan menyerang pada daerah mulut, hidung, dan daerah pinggang ke atas. Penularannya melalui kontak fisik langsung dengan penderita. Kontak dengan benda yang telah terpegang oleh penderita seperti peralatan makanan, pisau cukur, handuk, dan menggigit jari. Gejala dari penyakit herpes ini adalah:

  • Rasa Kesemutan
  • Rasa Gatal Pada Mulut
  • Terdapat lepuhan kecil di sekitar hidung, mulut, atau bagian lain dari wajah yang akan mengering dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 8-10 hari.

2. Herpes Genital (HHV2)

Herpes Genital sering ditemukan pada bagian alat kelamin, anus, dan selangkangan. Gejala dari penyakit tersebut adalah:

  • Keperihan yang tidak normal
  • Rasa gatal dan panas di sekitar alat reproduksi setelah melakukan hubungan seksual
  • Rasa nyeri saat buang air kecil dikarenakan adanya lecet atau lepuhan di area penis, ujung penis dan anus.
  • Gejala flu seperti demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, dan nyeri pada sendi terutama pada leher dan punggung.
  • Terdapat lecet atau lepuhan pada area kelamin dan anus.

3. Herpes Zoster (HHV3)

Penyakit ini disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yaitu virus penyebab cacar air. Pada saat daya tahan tubuh melemah disertai stres, virus Varicella Zoster yang menetap dan berdiam di dalam sel saraf timbul kembali dan menyerang tubuh yang mengakibatkan penyakit zoster. Gejala herpes zoster adalah kesemutan, sensitif terhadap cahaya matahari, dan timbul gejala seperti demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, dan nyeri pada sendi terutama pada leher dan punggung.

4. Mononucleosis (HHV4)

Mononucleosis adalah penyakit yang disebabkan oleh Epstein-Barr VIrus (EBV). Penyakit ini menyerang usia dari 15-30 tahun melalui kontak langsung dan udara. Ketika berciuman, penderita macam-macam penyakit herpes akan menularkan penyakit melalui air liur. Penularan lainnya adalah melalui cairan ketika batuk, bersin, atau penggunaan peralatan makan dan minum yang sama dengan penderita infeksi.

5. Cytomegalovirus (HHV5)

Cytomegalovirus (CMV) merupakan jenis herpes yang tidak berbahaya, namun dalam kondisi imun tubuh lemah akan menimbulkan masalah pada penderitanya. CMV ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh seperti hubungan seksual, transfusi darah, transplantasi organ, dan menyusui. Pada tubuh yang memiliki kondisi tubuh yang baik, herpes ini tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Itulah penjelasan saya kali mengenai Ini Dia Jenis-Jenis Penyakit Herpes Yang Harus Anda Ketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *