Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Jantung

19 Jun

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Jantung,- Kacang almond memang memiliki rasa yang enak. Kacang yang memiliki nama latin Prunus Dulcis dan berasal dari Timur Tengah yang merupakan subkeluarga dari Prunoidae dan bagian dari famili Rosaceae ini tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun juga dapat mengatasi penyakit jantung.

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan JantungJantung adalah organ dalam yang berongga dan terletak di pusat dada. Fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh seperti alat transfortasi, darah bertugas membawa nutrisi jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular. Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah.

Namun ada kalanya fungsi jantung ini bisa terganggu dan menyebabkan penyakit jantung karena pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan.

Lalu, mengapa kacang almond sangat baik untuk kesehatan jantung?

Kacang almond adalah makanan yang sehat dan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Sama seperti kacang lainnya, kacang almond mengandung lemak tinggi, namun lemak dalam kacang almond bukan lemak jahat, melainkan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dari semua jenis kacang-kacangan, kacang almon memiliki kandungan yang paling tinggi seperti protein, serat, kalsium, vitamin E, magnesium, potassium, ribuflavin dan niacin. Juga mengandung 160 kalori dalam satu mangkuk kecil kacang almond, yang berasal dari lemak tak jenuh ganda yang sehat.

Kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Kacang almond juga dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) yang menjadi faktor utama pencetus penyakit jantung.

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan JantungDengan cara menaikan kadar HDL (kolesterol baik), karena mengandung lemak tak jenuh ganda. Sebuah studi 16 minggu di 65 subjek pra-diabetes menemukan bahwa diet dengan 20% kalori dari almond menurunkan kadar kolesterol LDL rata-rata 12,4 mg / dL.

Menurut FDA, makan 1,5 ons kacang-kacangan sehari seperti kacang almond dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Banyaknya nutrisi dalam kacang almond membantu berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan jantung, karena kacang almond kaya akan kandungan magnesium yang sangat penting dalam mencegah serangan jantung dan hipertensi.

Almond juga kaya asam amoni argirin, salah satu elemen penting oksida nitrat yang membuat pembuluih darah menjadi lentur. Almond juga mengandung tembaga dalam konsentrasi yang signifikan sebagai pelindung jantung.

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung saja, kacang almond juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar, menekan kolesterol, menstabilkan tekanan darah, mengendalikan tingkat gula darah, serta membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak sekali cara untuk menikmati kacang almond, mulai dari dimakan mentah, di panggang, ataupun disajikan sebagai toping makanan. Agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik, Anda di anjurkan untuk mengkonsumsi kacang almond sebanyak satu mangkuk kecil per bari.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga :

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *