Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4

14 Dec

Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4,- Kanker payudara adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel² yang dimulai dari jaringan payudara atau sel² payudara mulai tumbuh di luar kendali. Penyebab lain dari kanker payudara adalah karena faktor genetik serta faktor lingkunganpun bisa memainkan peran dalam pengembangan penyakit kanker payudara.

Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4

Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4

Jika kanker payudara dapat ditemukan atau diagnosis lebih awal, maka besar kemungkinan pengobatanpun menjadi lebih mudah. Tetapi jika kanker tersebut dibiarkan atau tidak segera melakukan langkah pengobatan, maka mereka akan terus berkembang serta prediksi penyembuhan menjadi sedikit.

Kanker payudara yang terus berkembang dapat dibagi menjadi 4 tahap atau stadium, diantaranya ;

  • Tahap stadium 1 » Dimana kanker payudara ini masih relatif kecil, sehingga sel kanker tidak menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Tahap stadium 2 » Dimana kanker ini telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya yaitu sekitar ketiak dan tulang dada. Serta kanker ini dapat berukuran sekitar 2 cm.
  • Tahap stadium 3 » Dimana kanker berukuran sekitar 5cm atau sekitar 2 inci, serta telah menyebar atau tumbuh ke dalam jaringan di dekatnya seperti kulit di atas payudara atau otot bawah kulit. Tidak hanya itu kanker payudara stadium 3 ini telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.
  • Tahap stadium 4 » Dimana sel telah menyebar ke luar payudara atau bagian tubuh lain seperti tualng, paru-paru, hati dan otak.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa penyakit kanker payudara lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pria.  Kanker payudara biasanya dimulai di lapisan dalam saluran susus atau lobulus. Sebuah kanker payudara yang dimulai dalam lobulus dikenal juga sebagai karsonima lobular. Sedangkan kanker yang dimulai di laktiferus duktus (saluran susu), yang dikenal sebagai karsinoma duktal adalah jenis yang paling umum.

Payudara seorang wanita dewasa terdiri dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus. Lobulus adalah kelenjar kecil yang menghasilkan air susu. Selain itu, payudara seperti bagian organ lain dari tubuh terdiri dari miliaran sel mikroskopis. Dimana sel² ini berkembang biak secara teratur untuk mengganti sel yang telah mati ke sel yang baru.

Tanda dan Gejala kanker payudara, meliputi ;

  • Sebuah benjolan kelenjar getah bening di leher atau ketiak, payudara
  • Puting susu berdarah
  • Puting terbalik atau menonjol ke dalam
  • Kulit payudara bertekstur seperti kulit jeruk (dimpling kulit payudara)
  • Nyeri atau puting payudara sakit
  • Payudara bengkak atau membesar
  • Debit pendarahan pada puting payudara walaupun jarang
  • Kemungkinan munculnya ruam seperti eksim di sekitar puting

Itulah sedikit informasi mengenai Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4 beserta gejalanya, semoga informasinya bermanfaat..

By Rahasia Herbal Qnc Jelly Gamat

Kanker Payudara Stadium 1, 2, 3 dan 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *