Kista Bisa Terjadi Pada Remaja, Kenali Gejalanya

5 Jun

Kista Bisa Terjadi Pada Remaja, Kenali Gejalanya,- Secara epidemiologi, kista lebih umum terjadi di masa reproduktif (saat masa subur), dan jarang setelah menopause. Kalau usia remaja sudah memasuki usia subur, maka ada kemungkinan untuk bisa terkena kista.

Kista Bisa Terjadi Pada Remaja, Kenali Gejalanya

Kista Bisa Terjadi Pada Remaja, Kenali GejalanyaSeperti yang telah kita ketahui, kista merupakan kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium, yang bersifat jinak dan sangat jarang sekali berubah menjadi kanker. Penyebab timbulnya kista belum diketahui secara pasti, namun beberapa penelitian menghubungkan gangguan pada siklus menstruasi dapat memicu timbulnya kista.

Penyebab lain dari timbulnya penyakit kista pada remaja adalah kegagalan folikel (kantong telur) berovulasi. Dalam siklus reproduksi wanita, satu kantong telur dalam indung telur akan mengalami ovulasi pada setiap bulannya. Folikel yang kehilangan sel telur secara normal akan mengalami degenerasi dan hilang diserap oleh tubuh.

Namun terkadang saat folikel mengeluarkan indung telur mengalami kegagalan. Kantong telur yang gagal berovulasi dapat tumbuh menjadi kista. Adapun faktor lain penyebab kista pada remaja yang umum terjadi adalah karena :

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Pola hidup yang tidak sehat
  • Kurang mengkonsumsi makanan berserat
  • Jarang berolahraga

Keberadaan kista cenderung tidak menyebabkan gejala. Tetapi jika sel kista tersebut pecah, berukuran besar, atau menyumbat aliran darah ke ovarium, akan muncul beberapa gejala. Di antaranya:

  • Perubahan siklus menstruasi
  • Rasa nyeri di perut
  • Mual
  • Sering buang air kecil
  • Gangguan BAB
  • Nyeri pada panggul, dll

Kista umumnya akan hilang sendiri tanpa penanganan khusus. Namun jika gejala yang di timbulkan akibat tersebut sangat mengganggu dan ukuran kista yang semakin membesar maka di perlukan penanganan khusus untuk mengobatinya.

Kista pada remaja yang tidak segera ditangani dengan baik dan benar dapat menyebabkan infertilitas (tidak subur), dalam arti sulit untuk mempunyai keturunan ketika sudah menikah. Maka dari itu, jika Anda mulai merasakan beberapa gejala di atas sebaiknya segera lakukan pengobatan sebelum gejalanya bertambah parah dan semakin sulit untuk di obati.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga :

Kista Bisa Terjadi Pada Remaja, Kenali Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *