Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Jantung

23 Feb

Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Jantung,- Seperti yang telah kita ketahui, penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35% kematian di indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Agar terhindar dari penyakit jantung, sebaiknya harus teliti dalam memilih makanan, karena tidak semua jenis baik untuk kesehatan jantung.

Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Jantung

Makanan Terburuk Untuk Kesehatan JantungSudah bukan katanya lagi, kolesterol merupakan musuh utama bagi kesehatan jantung. Kolesterol dapat menimbun dalam arteri dan akan menyebabkan terjadinya penggumpalan. Penggumpalan darah ini akan memblokir suplai darah ke jantung dan lama kelamaan akan menimbulkan serangan jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya Anda hindari makanan dan minuman seperti :

  • Burger Cepat Saji
    Terkait keburukan, burger cepat saji saat ini memang belum secara ilmiah di bahas. Lemak jenuh yang benar-benar berhungan dengan penyakit jantung masih belum sepenuhnya jelas. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, daging sapi pakan rumput kualitas tinggi sangat baik untuk kesehatan jantung. Kata Regina Druz, Associate Profesor Kardiologi dari Hofstra University dan kepala kardiologi di St John Episcopal Hospital New York City. Secara umum Druz mengatakan, lemak jenuh dari hewan khususnya ketika dikombinasi dengan karbohidrat mempunyai dampak buruk bagi kesehatan jantung.
  • Daging Olahan
    Daging olahan seperti bacon, bakso, sosis dan kornet merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Bahkan, jenis yang rendah lemak justru lebih kaya akan garam. Mengkonsumsi enam potong tipis daging jenis ini sudah memasok separuh kadar garam yang disarankan oleh American Heart Association. Mayoritas masyarakat harus menjalani diet rendah garam karena sodium cenderung membuat tekanan darah tinggi,” kata Dr Laxmi Mehta, direktur program kesehatan jantung wanita di Ohio State University Wexner Medical Center.
  • Makanan yang Di goreng
    Beberapa studi mengungkapkan bahwa makanan yang di goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Metode penggorengan konvensional menciptakan jenis lemak trans, lemak yang terbukti meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.
  • Makanan yang Mengandung Gula
    Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan risiko Anda terkena obesitas, inflamasi, kolesterol tinggi dan diabetes. Semua masalah kesehatan tersebut merupakan faktor risiko yang memudahkan Anda terkena penyakit jantung.
  • Margarin
    Sudah sangat jelas bahwa margarin merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi dan dapat meningkatkan kolesterol jahat yang mengarah pada penumpukan plak di arteri.
  • Pizza
    American Heart Association meletakan pizza di rankin ke dua dari enam jenis makanan asin. Hal ini dikarenakan pizza mengandung banyak garam, tapi bukan hanya garam saja, pizza juga mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu, batasi konsumsi pizza.
  • Soda
    Meski bebas lemak dan nol kalori, soda juga mempunyai sisi gelap. Hasil riset telah menemukan bukti terjadinya faktor risiko terjadinya penyakit jantung, obesitas dan diabetes karena konsumsi soda. Beberapa studi membuktikan bahwa orang yang minum soda cenderung mengkompensasikan dan mengkonsumsi lebih banyak kalori. Sementara riset lain menemukan kimiawi dalam soda dapat mengubah bakteri di pencernaan dan membuat masyarakat menjadi rentan mengalami kenaikan berat badan.

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memperburuk kesehatan jantung, kami himbau untuk lebih teliti dalam memilih dan mengkonsumsi makanan agar kesehatan jantung tetap terjaga. Selain teliti dalam memilih makanan, Anda juga harus rutin berolahraga agar jantung semakin sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga : Obat Herbal Penyakit Jantung

Makanan Terburuk Untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *