Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam Urat

3 Jul

Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam Urat,- Asam urat diproduksi tubuh memecah zat kimia yang disebut sebagai purin. Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga dapat kita temukan dalam makanan tertentu. Diet asam dengan merubah pola makan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah pemicu suatu datangnya penyakit.

Apa itu purin?

Purin adalah zat dalam suatu makananan tertentu, di mana ia diproduksi secara alami oleh tubuh dan di pecah menjadi asam urat. Ginjal biasanya menyaring asam urat dan meninggalkan tubuh melalui urin. Namun pada penderita asam urat terjadang mengalami penumpukan asam urat dalam darah mereka. Penumpukan asam urat inilah yang akhirnya memicu gejala pembengkakan dan nyeri saat serangan terjadi. Sehingga diet rendah purin sangat memainkan peran manfaat yang sangat besar dalam membantu menurunkan risiko serangan atau kambuhnya asam urat, serta menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam Urat dan Peningkat Asam Urat

Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam UratSumber makanan tinggi purin yang harus kita batasi, untuk mencegah kondisi penderita berkembang ke tahap yang lebih buruk, mencakup ; organ hati, ginjal, roti manis, otak, bacon, daging sapi, biji bunga matahari, bebek, ayam, kacang lentil, kerang, daging rusa, domba, ikan teri, sarden, seafood dan lainnya.

Sedangkan di samping terdapat beberapa makanan sumber tinggi purin, terdapat beberapa sumber makanan rendah purin yang tidak akan merangsang pembentukan asam urat termasuk sayuran hijau, tomat, buah, mentega, buttermilk, keju, telur, cokelat, kopi, teh, minuman berkarbonasi, selai kacang, kacang dan lainnya. Ada juga produk susu yang dapat menurunkan risiko encok termasuk ; susu dan yoghurt rendah lemak.

(* Jenis Kacang Pemicu Kambuhnya Asam Urat

Namun  sebagian besar ada beberapa jenis sayuran hijau yang perlu anda batasi jika anda sudah mengalami asam urat, karena dapat merangsang pembentukan mereka kembali seperti kacang polong hijau, asparagus, kembang kol, bayam, jamur, kacang kering dan lainnya.

Semua produk dari biji-bijian termasuk pasta, nasi, roti termasuk bukan makanan pemicu asam urat. Telur, susu, keju dan yogurt juga termasuk makanan yang aman dikonsumsi selama anda menderita penyakit encok atau asam urat. Namun tentunya mereka harus mengandung rendah lemak.

(* Manfaat Luar Biasa Air Lemon Penetral Asam Urat Alami

Selain makanan, disini ada beberapa tips yang dapat membantu anda dalam menghindari perkembangan kondisi yang semakin buruk termasuk;

  • Tingkatkan asupan cairan,  di mana kita dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan 8 ampai 16 atau delapan ons gelas cairan setiap hari. Cairan yang cukup dapat membantu anda dalam menyingkirkan asam urat. Sebaiknya hindari cairan dengan mengkonsumsi asupan alkohol terutama bir, di mana ia mengandung sejumlah besar purin.
  • Mempertahankan berat badan sehat juga sangat penting untuk penderita dengan asam urat. Di mana hal ini dapat membantu anda dalam mengurangi jumlah atau tingkat stres pada persendian anda. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan atau menstabilkan kesehatan tubuh.

Demikian sedikit ulasan mengenai Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam Urat. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

By Rahasia Herbal

Sumber Makanan Yang Tidak Merangsang Asam Urat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *