Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos

9 Mar

Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos,- Ketika tulang mengalami pengoroposan, kondisi ini dikenal sebagai penyakit osteoporosis. Kalsium dan vitamin D telah diungkap memainkan peran penting untuk tulang osteoporosis, namun ternyata tidak hanya itu saja masih banyak pilihan makanan yang baik untuk meningkatkan tulang yang keropos kembali kuat. Apa sajakah itu??

Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos

Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos

Protein tanpa lemak

Protein berperan dalam membantu produksi serat kolagen yang menyediakan kerangka kerja untuk tulang Sehingga asupan protein yang memadai penting untuk kesehatan tulang. Menurut penelitian besar, pada orang dewasa atau yang lebih tua di atas usia 80 tahun dengan asupan protein yang rendah dapat mendapatkan tulang mengalami pengeroposan lebih cepat dan risiko patah tulang bahkan jauh lebih tinggi terjadi bila dibandingkan dengan seseorang yang memiliki asupan protein yang cukup.

Makanan kaya kalsium dan vitamin D

Sebuah studi menunjukan bahwa asupan kalsium rendah menyebabkan kepadatan tulang rendah, tulang menjadi keropos bahkan sampai patah tulang. Kalsium merupakan sumber kalsium yang sangat penting untuk perkembangan gigi dan tulang yang tepat, belum lagi sebagai penolong besar dalam fungsi otot yang tepat, sinyal saraf, sekresi hormon dan tekanan darah. Sumber nutrisi kalsium dalam makanan dapat mencakup ; yogurt, keju, susu, bayam dan sayuran hijau lainnya.

Namun tulang tidak hanya membutuhkan asupan kalsium seperti yang telah diterangkan di atas, dimana beberapa tentang wanita pascamenopause telah menunjukan bahwa hanya menambahkan kalsium saja tidak memiliki pengaruh besar pada kepadatan tulang.

Dimana ada kalsium, pasti ada vitamin D. Keduanya bekerja sama dalam membantu tubuh menyerap penguat tulang. Ia dapat ditemukan pada jus jeruk, ikan sarden, kuning telur, tuna, sereal dna lainnya. Orang lanjut usia dapat kehilangan lebih banyak massa tulang selama musim dingin karena kurangnya paparan sinar matahari.

Buah dan sayuran

Beberapa penelitian telah menghubungkan asupan buah dan sayuran dengan kesehatan tulang yang lebih baik. Beberapa bukti telah menunjukan buah dan sayuran dapat menciptakan lingkungan yang dapat mengurangi kehilangan kalsium dari tulang. Tanaman yang mengandung senyawa fenol dan flavonoid telah diketahui mampu memperkuat tulang. Sedangkan tanaman yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan telah terbukti bisa membantu memperkuat tulang dan menjaga otot.

Baca juga : cara mengembalikan tulang yang keropos secara tradisional

Sumber vitamin dan mineral dari suatu makanan dapat mencakup ; bayam, sayuran bit, tomat, artichoke, pisang raja, kentang, ubi jalar, kismis, jeruk, pepaya, brokoli, stroberi, kubis brussel, nanas, paprika hijau dan merah, kangkung, sawi, lobak hijau, dan lainnya.

Meningkatkan kepadatan tulang dengan vitamin K

Vitamin K banyak dikenal dengan manfaatnya yang dapat membantu pembekuan darah, tetapi juga telah efektif membantu tubuh membuat protein untuk tulang sehat. Studi lain secara khusus telah melakukan pembandingan efek vitamin K dan D terhadap penyerapan kalsium pada tikus, dan ternyata kedua vitamin tersebut bekerja baik dimana Vitamin D merangsang penyerapan kalsium di usus, sementara vitamin K mengurangi jumlah kalsium yang dieksresikan oleh tubuh. Sumber vitamin K yang baik untuk tulang termasuk kangkung, bayam, brokoli dan lainnya.

Sumber potasium

Potasium telah diketahui bisa menetralkan asam yang menghilangkan kalsium dari tubuh. Studi pada wanita pra dan pascamenopause menunjukan bahwa wanita yang diet tinggi potassium dapat memperbaiki kesehatan tulang. Sumber potasium dapat ditemukan pada ubi jalar, kentang putih, yogurt dan pisang.

Selain asupan pola makan yang harus di jaga, beberapa aktivitas fisik yang tepat juga dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang. Banyak aktivitas fisik yang bisa kita lakukan dalam cara ringan atau tidak membutuhkan beban berat, seperti berjalan kaki, bersepeda dan lainnya.

Mengkonsumsi makanan seimbang dan bergizi disertai adanya olahraga secara teratur akan membuat tulang tetap dalam kondisi yang prima. Itula sedikit informasi mengenai sejumlah Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos kembali kuat dan sehat. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam sehat, by rahasia herbal

Makanan Untuk Meningkatkan Tulang Yang Keropos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *