Makanan Yang Baik Untuk Penderita Mata Minus

28 Nov

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Mata Minus,- Mata minus atau dikenal dengan rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan melihat benda atau objek dengan jarak yang jauh. Mata minus dapat terjadi karena faktor keturunan, namun dapat juga karena kebiasaan sehari-hari seperti sering membaca dengan tidak memperhatikan pencahayaan dan jarak antara mata dengan bacaan, bekerja di depan komputer tanpa istirahat, atau melihat dengan jarak dekat pada waktu yang lama.

Biasanya penderita mata minus akan mengalami gejala berupa : penglihatan kabur ketika melihat jarak jauh, daya penglihatan memburuk terutama ketika malam hari, pusing dan sakit kepala. Baca juga: Ciri-Ciri Mata Minus Pada Remaja

Mata minus dapat diatasi dengan operasi untuk mengembalikan fungsi kerja mata agar kembali normal seperti semula. Namun ada beberapa orang yang juga mempercayai bahwa mata minus dapat disembuhkan melalui pengobatan alternatif. Salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi gejala mata minus yang bisa Anda lakukan adalah menjauhkan diri dari kebiasaan buruk dan juga mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik untuk mata.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Mata Minus

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Mata Minus

Berikut adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita mata minus, antara lain:

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang dapat membantu fungsi retina serta bagian-bagian mata lainnya. Sayuran satu ini sudah banyak dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin untuk mengurangi masalah mata minus. Baca juga: Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Wortel

2. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin serta berbagai macam vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma dan mata minus.

3. Buah Bit

Sama seperti wortel, buah bit juga kaya akan kandungan antioksidan serta zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa menakan gonsumsi buat bit dalam bentuk jus, puding, sayur dll untuk mengatasi mata minus.

4. Brokoli

Seperti halnya bayam, brokoli juga merupakan sayuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas.’

5. Tomat

Selain dipakai untuk kesehatan kulit, ternyata tomat juga bisa membantu kesehatan mata.Kandungan gizi pada berupa vitamin A, C dan likopen yang merupakan nutrisi untuk membantu mempertahankan kesehatan mata.

6. Daun Selada

Selada adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan. Menurut penelitian kedua senyawa ini bisa membantu mencegah sekaligus mengobati gangguan pada mata seperti mata minus.

7. Bawang Putih

Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Namun, selain itu, bawang putih ternyata mempunyai manfaat untuk mata karena mengandung vitamin B1, C, glutathione, selenium dan quercetin yang mampu melindungi mata dari efek buruk sinar UV.

8. Telur

Telur terutama pada bagian kuningnya merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kelebihannya, telur juga memiliki kandungan zinc atau seng yang akan membantu dalam mencegah penurunan daya penglihatan mata.

9. Buah Kiwi

Buah yang satu ini memiliki kandungan karotenoid dan lutein yang tinggi, yang mana kandungan ini bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan gangguan pada mata.Rasa asam pada kiwi mungkin membuat tidak terlalu disukai. Namun, jika buah kiwi diolah menjadi minuman berupa jus, rasanya akan sangat menyegarkan.

10. Pisang

Buah pisang memiliki banyak sekali khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan mata karena buah ini memiliki kandungan vitamin A yang bisa larut dalam lemak.

11. Kacang Almond

Almond termasuk jenis kacang-kacangan yang mempunyai khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin E.

12. Blueberry

Jenis berry-berryan seperti acaiberry dan blueberry mempunyai manfaat yang baik untuk mata. Blueberry mengandung kandungan gizi yang cukup lengkap seperti Vutamin A, B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, antioksidan, antosianin, tanin, flavonol, karbohidrat, lemak dan mineral lengkap. Sehingga blueberry sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama mata.

13. Anggur

Buah anggur memiliki beberapa jenis, yaitu anggur merah, hijau, dan hitam. Mengonsumsi anggur akan membantu melindungi retina dan merawat kesehatan mata dengan baik. Kandungan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita mata minus di atas, untuk mempercepat penyembuhan mata minus Anda juga bisa mengonsumi obat mata minus tradisional yang aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya…

Baca juga:

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Mata Minus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *