Makanan Yang Sangat Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

9 Feb

Makanan Yang Sangat Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi,- Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh karena untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, ada kalanya kadar kolesterol tersebut melebihi batas normal yang dapat menyebabkan penyakit.

Makanan Yang Sangat Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan instan, minum minuman yang beralkohol dan malas berolahraga. Agar kadar kolesterol tidak naik Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan menerapakan pola hidup sehat dengan lebih banyak berbagai makanan yang bernutrisi tinggi.

Makanan Yang Sangat Ampuh Turunkan Kolesterol TinggiBerikut ini beberapa makanan yang mengandung nutrisi tinggi serta ampuh turunkan kolesterol tinggi. Diantaranya :

  • Ikan Omega-3
    Dengan mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan minyak sehat omega-3, EFA dan DHA seperti ikan salmon, tuna, sarden, makarel dan ikan kembung, 2-3 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan kolesterol. Jenis asam lemak ini bisa mengurangi lemak-lemak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, seperti trigliserida dan juga risiko detak jantung tidak teratur dapat diturunkan dengan mengkonsumsi asam lemak sehat ini.
  • Bayam
    Sayuran hijau ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata dan 13 senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Karena kolesterol dapat memicu serangan jantung, penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi bayam.
  • Beras Merah
    Saat ini beras merah sangat sulit untuk ditemukan. Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.
  • Gandum
    Gandum adalah sereal yang paling bergizi yang dikenal sebagai makanan penurun kolesterol, trigliserida dan mengatur kadar gula darah yang tentunya berkaitan erat dengan diabetes. Studi menunjukan bahwa pengaruh buruk dari kolesterol tinggi dapat diminimalisir oelh beta-glucan, jenis serat yang terkandung dalam gandum. Sekitar 4%-10% kadar kolesterol telah terbukti berkurang dengan bantuan serat yang bersumber dari gandum.
  • Oalmeal
    Sama seperti gandum, oatmeal juga mengandung serat latur yang disebut beta-glucan, terdapat juga pada buah pir dan plum. Serat larut dari oatmeal akan bekerja dengan bile acid kemudian asam berbeda pada sistem pencernaan akan mengeluarkannya.  Sarapan oatmeal setidaknya 3 gram dapat mengurangi kolesterol berlebih sebesar 8 – 23% pada orang yang memang memiliki kolesterol tinggi.
  • Buncis
    Buncis termasuk sayuran yang rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat. Jenis kacang-kacangan seperti buncis diperkaya dengan serat pangan yang memiliki kemampuan dalam mengurangi kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah.
  • Kacang Almond
    Kacang almond merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan phytosterol dan juga kandungan lemak tak jenuh yang tinggi pada kacang almond bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat dan juga dapat menyehatkan jantung.
  • Kacang-kacangan
    Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, walnut, mede, kenari dan kacang hazelnuts. Dalam kacang-kacangan tersebut terkandung serat larut seperti asam lemak omega-3, protein, kandungan vitamin E, phytochemical, dan magnesium yang dapat membersihkan kolesterol jahat.
  • Buah Kaya Serat
    Banyak buah-buahan yang mengandung serat seperti apel, pie, jeruk, delima, dan bluberi. Kelompok buah ini telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena kandungan serat yang tinggi. Jika ingin memperoleh khasiat secara keseluruhan, makan dengan kulit buahnya juga.
  • Brokoli
    Brokoli telah terbukti menggandeng sifat menurunkan kolesterol. Anda bisa mengukus brokoli agar matang jika ingin dimakan. Serat pada brokoli secara mekanik mengikat asam empedu di saluran pencernaan dan kemih, sehingga jumlah kolesterol lama kelamaan akan terkuras dari dalam tubuh. Brokoli bisa Anda jadikan salad, sup, atau tumisan sayur.
  • Biji Bunga Matahari
    Biji bunga matahari atau yang sering disebut dengan kuaci, biji bunga matahari termasuk ke dalam makan penurun kolesterol, karena di dalamnya terdapat kandungan sterol yang sangat banyak dengan kemampuan menghambat kolesterol.
  • Minyak Zaitun
    Antioksidan yang kuat di dalam minyak zaitun dapat mengurangi low-density lipoprotein pada sistem tubuh. Jenis minyak zaitun yang paling bagus adalam minyak zaitun yang mengandung exstra-virgin.
  • Teh Hijau
    Teh hijau memang terkenal memberikan efek stimulan pada jantung karena kandungan polifenol katekinnya. Sementara itu, para peneliti juga memaparkan bahwa minum teh hijau segelas setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL, tetapi tidak membantu mengurangi trigliserida atau meningkatkan HDL dikarenakan bebas kalori.
  • Cokelat
    Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol yang diterbitkan di tahun 2010 pada Journal of Hepatology, “Kandungan anti-oksidan yang ada pada dark chocolate dapat mengurangi dari kerusakan yang terjadi pada bagian pembuluh darah yang kemudian dapat mengancam kondisi kesehatan seseorang dengan sirosis. Dark chocolate bisa membantu dalam mencegah pembuluh darah pada hati pecah”.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Tak lupa, imbangi juga dengan olahraga yang teratur agar kesehatan tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga : Obat Penurun Kolesterol Tinggi

Makanan Yang Sangat Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *