Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

27 Feb

Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung,- Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting di lakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung sendiri bukan hanya harus menjaga asupan makanan saja, tapi juga harus diimbangi dengan beberapa kegiatan fisik seperti olahraga.

Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan JantungMereka yang memiliki keluhan dengan penyakit jantung memang harus berhati-hari dalam memilih jenis olahraga. Hal ini bertujuan agar olahraga yang dijalankan tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan jantung Anda. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan bagi Anda.

Berikut beberapa olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, seperti :

  • Jalan Santai
    Olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari. Anda dapat melakukan jalan santai ini di alam terbuka atau di dalam rumah dengan menggunakan tredmill. Selain dapat menurunkan risiko serangan jantung, jalan santai juga dapat menstabilkan detak jantung, menurunkan kolesterol tinggi, menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah serta dapat meningkatkan mod Anda.
  • Berlari
    Berlari terasa lebih menantang dibandingkan dengan hanya berjalan, dan aktivitas ini juga baik untuk kesehatan jantung. Berlari juga termasuk olahraga yang cocok untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Jika Anda jarang berlari, mulailah dengan berjalan cepat selama dua menit dan kemudian berlarilah selama lima menit dengan disertai berjalan.
  • Aerobic
    Olahraga jenis ini mampu membuat jantung secara lebih efisien. Selain itu, aerobic juga dapat membantu otot jantung agar semakin kuat saat berolahraga. Karena itulah, melakukan aerobik sangat untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Bersepeda
    Aktivitas sehat lain yang baik untuk jantung sekaligus baik untuk menjaga kesehatan persendian adalah dengan bersepeda. Anda bisa bersepeda sambil berangkat ke kantor jika memungkinkan. Selain menyehatkan jantung, bersepeda juga membantu Anda menguatkan otot bagian paha dan kaki, serta membantu Anda mengurangi lemak pada tubuh bagian bawah.
  • Berenang
    Kolam renang bisa jadi salah satu tempat nyaman untuk bermalas-malasan. Namun juga bisa digunakan untuk berolahraga dan membuat tubuh lebih sehat. berenang bisa meningkatkan detak jantung dan membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Berolahraga di dalam air juga memperkuat otot serta membentuk tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan persendian dan sulit untuk melakukan olahraga lari, berenang bisa jadi salah satu alternatif yang tepat.
  • Yoga
    Yoga menggabungkan peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut bermanfaat bagi jantung. Mempraktikan yoga secara teratur dapat membantu mengurangi stres (faktor risiko utama penyakit jantung) dan menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam studi, penelitian di India terhadap orang-orang berpenyakit jantung terbukti bahwa dengan latihan Yoga mampu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

Perlu di ingat, sebelum Anda melakukan olahraga sebaiknya awali dengan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot tidak syok dan jika sudah selesai olahraga lakukan pendinginan secara bertahap, memperlambat gerakan-gerakan olahraga. Jangan langsung duduk setelah olahraga, karena duduk atau berbaring setelah berolahraga dapat membuat Anda terasa pusing dan jantung berdebar-debar.

Itulah beberapa jenis olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menyehatkan jantung. Namun jika Anda pernah memiliki masalah jantung atau masalah kesehatan lain, sebaiknya konsultasikan rencana olahraga Anda terlebih dahulu sebelum melaksanakannya. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Jantung

Olahraga Ringan Yang Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *