Pantangan Makanan Untuk Penyakit Katarak

18 Nov

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Katarak,- Katarak merupakan suatu kondisi mata atau lensa yang tadinya bening tiba-tiba menjadi keruh, buram dan mengaburkan penglihatan. Katarak merupakan penyebab paling uama kebutaan di Indonesia, katarak juga bisa terjadi pada bayi dan anak-anak. Penyakit ini biasanya terjai pada orang-orang yang berusia lanjut.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit KatarakTidak hanya dengan melakukan pengobatan dan berkonsultasi dengan dokter saja, penderita katarak juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Jika penderita katarak salah dalam mengkonsumsi makanan bisa berdampak pada kondisi yang lebih buruk.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Katarak

Agar tidak salah dalam mengkonsumsi makanan, berikut adalah beberapa pantangan makanan untuk penyakit katarak yang harus dihindari, antara lain:

1. Margarin

Perlu untuk diketahui kalau di dalam margarin terdapat kandungan yang bisa berpotensi merugikan kesehatan mata, bagi penderita katarak margarin sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

2. Gorengan

Selain margarin, makanan yang digoreng juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita katarak. Karena makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang bisa membuat penumpukan plak pada pembuluh darah makula dan memperlambat aliran darah di mata.

3. Makanan atau Minuman dengan Gula Tinggi

Baik makanan ataupun minuman yang didalamnya terkandung gula mengandung fruktosa yang sangat tinggi dan sangat tidak baik untuk penderita katarak. Menambahkan gula kedalam makanan atau minuman dengan jumlah yang sangat banyak dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan trigliserida. Dua penyakit ini adalah masalah untuk sistem kardioviskular dan termasuk mata.

(* Penyebab Mata Katarak dan Cara Mengobatinya

4. Kafein

Kafein secara alami dapat ditemukan dalam biji kakao, biji kopi dan teh serta sintesis diproduksi untuk digunakan dalam obat-obatan tertentu. Kafein merupakan obat perangsang yang cepat memasuki aliran darah dan mempengaruhi otak. Mengkonsumsi kafein mempunyai banyak efek samping untuk tubuh Anda diantaranya yaitu gula darah menjadi naik dan turun, dan penglihatan menjadi kabur.

5. Alkohol

Alkohol juga merupakan pantangan bagi Penderita Katarak karena akan berdampak buruk pada mata katarak yang bisa merugikan atau bahkan sampai membahayakan kesehatan tubuh.

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung air berkarbonasi, natrium benzoat, asam sitrat, asam ortodosfat, aspartam, natrium siklamat, pewarna dan berbagai macam aroma.

Ostofosfat merupakan salah bahan yang paling banyak yang terdapat dalam minuman bersoda. Dalam tubuh, umumnya mencegah penyerapan kalsium sehingga akan menimbulkan masalah pada kepadatan tulang. Ini akan menyebabkan masalah yang serius dikemudian hari seperti osteoporosis dan bahkan patah tulang. Selain itu juga akan sangat mempengaruhi mata dan kulit.

7. Rokok

Rokok secara signifikan bisa meningkatkan risiko katarak dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Bahkan menurut penelitian mengatakan bahwa orang yang merokok mempunyai kesempatan ganda untuk terkena katarak dan risikonya akan lebih meningkat jika rokok tidak dihentikan. Selain itu beberapa bukti juga mengatakan bahawa peningkatan 3x lipat pada risiko untuk mengembangkan kejadian katarak nuklir.

Demikianlah informasi mengenai pantangan makanan untuk penyakit katarak yang harus Anda hindari agar terhindar dari kondisi yang lebih parah dan bahkan bisa berujung pada kebutaan. Semoga bermanfaat…

Salam sehat, by:

Obat Mata Katarak Tradisional

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Katarak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *