Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista

22 May

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista,- Pada umumnya kista dapat terdeteksi lewat Ultrasonografi (USG), cara ini digunakan untuk mendeteksi kehadiran kista dan mengetahui ukurannya. Selama pemeriksaan, dokter akan menempelkan alat USG pada perut Anda dan isi rongga perut atau panggul bisa terlihat pada tampilan layar monitor.

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi KistaSelain dengan melakukan USG, adanya kista dapat dengan mudah kita kenali melalui gejalanya. Seperti sering merasa nyeri pada perut bagian bawah, nyeri saat haid, siklus haid tidak teratur, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat ter raba benjolan di sekitar perut.

Namun saat ini, ada cara lain yang bisa mendeteksi adanya kista pada wanita, yaitu melalui pembalut bekas. Riset yang dilakukan sekitar tiga tahun lalu oleh peneliti darai Fakultas Kedokteran Indonesia Menemukan manfaat dari pembalut bekas. Dengan mengumpulkan darah menstruasi yang ada di pembalut bekas, dokter bisa mendiagnosis ada atau tidaknya endometriosis atau kista cokelat pada pasien tersebut.

Endometriosis adalah suatu penyakit pada sistem reproduksi wanita dimana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim arau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Jika mengidap endometriosis, jaringan tersebut akan mengalami proses penebalan dan luluh yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim, endapan tersebut akan mengiritasi jaringan disekitarnya.

Diagnosis endometriosis lewat pembalut bekas yang satu ini baru bisa dilakukan di klinik Yasmin, RSCM. Amatlah menguntungkan bagi wanita yang belum menikah, karena tak perlu ada alat ultrasonografi yang masuk ke dalam tubuh lewat vagina seperti yang diungkapkan oleh Manager Riset dan Pelayanan Masyarakat Fakultas Kedokteran UI, Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K) saat berbincang di kantor MERCK, Jakarta.

Caranya dokter akan meminta pasien mengumpulkan pembalut yang berisi darah menstruasinya, lalu diambil darah haid dalam jumlah cukup dan dilakukan isolasi darah untuk kemudian dilihat hasilnya. Hasil diagnosis tersebut bisa terlihat dalam kurun waktu satu minggu.

Pada pasien-pasien yang mengalami kista endometriosis ternyata di dalam darahnya terdapat serabut-serabut syaraf yang menyebabkan nyeri saat menstruasi, terang dokter yang akrab disapa Iko ini.

Jika kista sudah terdeteksi,  biasanya dokter akan untuk langsung melakukan operasi pengangkatan kista. Penanganan dengan operasi dilakukan untuk mengangkat jaringan endometriosis, terutama untuk pengidap yang berencana mempunyai anak.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal QnC Jelly Gamat

Baca juga :

Pembalut Bekas Bisa Mendeteksi Kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *