Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat

17 Mar

Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat,- Batu ginjal biasanya terbentuk hasil dari bahan kimia tertentu di dalam tubuh seperti kalsium, amonia, asam urat dan sistein yakni asam amino yang membantu membangun protein.

Waspadai Risiko Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat Yang Tinggi, Begini Cara Mencegahnya !!

Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat

 

Batu ginjal bisa berkembang karena tingkat asam urat tinggi di dalam darah. Hal ini bisa terjadi jika kita tidak memperhatikan diet atau pola makan serta mengobati asam urat secara tepat dan benar pada awalnya.

Sensasi terbakar saat kencing dengan buang air kecil yang sedikit menjadi tanda adanya batu ginjal. Mempunyai kadar asam urat tinggi dapat mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh termasuk salah satunya organ ginjal. Bahan kimia urin dalam purin biasanya dieksresikan keluar dari sistem dan tidak diharapkan benar-benar diserap oleh tubuh.

Tingkat asam urat tidak sepenuhnya bergantung pada jumlah makanan kaya purin yang dibawa tubuh. Juga tergantung pada kemampuan ginjal mengekresikan asam urat keluar dari sistem. Kegagalan untuk mengekresikan asam urat dapat menyebabkan asam urat untuk mengumpulkan dan mencapai titik tinggi ketika kristal asam urat terbentuk yang akhirnya menyebabkan sakit asam urat. Hal inilah yang membuat ada hubungan antara asam urat dan batu ginjal.

Kekuasaan ginjal untuk mengekskresikan sebenarnya dipengaruhi oleh pembentukan batu ginjal. Jika ginjal menjadi terganggu, ekskresi akhirnya menimbulkan masalah dalam mempertahankan terlalu banyak asam urat dalam aliran darah.

Zat kristal yang terbentuk menjadi batu ginjal namun tidak sepenuhnya karena asam urat, tetapi juga bisa berasal dari zat tak larut lainnya yang terkumpul dan digabungkan dalam sistem ginjal. Zat yang tidak larut ini biasa disebut sebagai oksalat yakni bisa berupa garam, kalsium atau asam amino. Batu asam urat terbentuk saat kadar asam urat dalam urin terlalu tinggi, dan / atau urine terlalu asam (dengan tingkat pH di bawah 5,5) secara teratur.

Batu ginjal tidak hanya menyebabkan rasa sakit, tetapi dapat mencegah ginjal membuang limbah dan berisiko menyebabkan anda terinfeksi. Minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan natrium dan racun lainnya untuk membantu batu ginjal melewati tubuh lebih cepat. Tidak hanya itu, beralih ke pola makan yang baik dengan menghindari daging, alkohol, makanan bergula, makanan asin juga perlu anda lakukan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat dan cara mencegahnya. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat, by rahasia herbal

Simak artikel lainnya ;

Pembentukan Batu Ginjal Akibat Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *