Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema Yang Harus Diwaspadai

3 Jan

Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema,- Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema? jika iya, kebetulan sekali anda datang ke situs ini, karena disini semuanya ada. Mulai dari penjelasan berbagai penyakit kesehatan sampai obat herbal yang direkomendasikan untuk berbagai penyakit kronis dan non kronis tanpa efek samping.

Sebelumnya kali saya akan membahas informasi mengenai Bahaya Penyakit Emfisema Dan Pencegahannya. Nah kali ini saya akan membahas informasi kesehatan tentang Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema. Ingin tahu apa saja penyebab dan gejala dari penyakit tersebut? kalau begitu mari penjelasan berikut ini.

Penyakit Emfisema

Emfisema merupakan penyakit kronis akibat dari kerusakan kantong udara atau Alveolus pada paru-paru. Seiring Berjalannya waktu, kerusakan kantong udara tersebut akan semakin parah sehingga membentuk satu kantong besar dari beberapa kantong kecil yang pecah. Akibatnya, luas area permukaan paru-paru menjadi berkurang yang menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menurun. Kondisi seperti ini juga membuat paru-paru membesar secara perlahan yang diakibatkan udara yang terperangkap didalam kantong dan sulit dikeluarkan.

Orang yang menderita penyakit emfisema akan mengalami kesulitan bernapas dari keterbiasaan dalam mencium udara keluar. Emfisema juga merupakan salah satu Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Berdasarkan riset kesehatan, orang indonesia yang menderita PPOK ini sebanyak kurang lebih 100 orang. Penanganan emfisema ditujukan untuk menghambat perkembangan penyakit tersebut, namun, kerusakan pada paru-paru tidak dapat dipulihkan kembali.

Penyebab Penyakit Empisema

Penyebab yang paling utama dari penyakit emfisema ini adalah paparan zat di udara yang mengiritasi paru-paru dalam jangka waktu panjang. Zat yang mengakibatkan iritasi tersebut dapat berupa :

  1. Polusi udara
  2. Asap atau udara bahan kimia
  3. Asap rokok, emfisema banyak di alami perokok, baik aktif maupun pasif, yang terpapar asap rokok dalam waktu lama.

Selain paparan zat yang mengakibatkan iritasi, emfisema juga dapat terjadi karena kelainan genetik, Contohnya seperti, defisiensi alpha -1 antitrypin. Dimana terjadi kekurangan suatu protein berfungsi melindungi struktur elastis pada paru-paru dalam tubuh. Tapi kondisi seperti jarang terjadi.

Gejala Penyakit Empisema

Penyakit emfisema bisa tidak menimbulkan gejala. Jika timbul gejala, keluhan yang dirasakan dapat muncul secara bertahap, antara lain:

  • Batuk
  • Depresi
  • Cepat lelah
  • Jantung berdebar
  • Napas menjadi pendek
  • Penurunan berat badan
  • Bibir dan kuku menjadi biru

Pengobatan Penyakit Empisema

Penyakit empisema tidak dapat disembuhkan. Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk meringankan gejala yang dirasakan, serta memperlambat perkembangan penyakit. Pilihan penanganan emfisema dapat berupa seperti :

1. Terapi Pendukung

Contohnya adalah fisioterapi dada atau disebut juga dengan program rahabilitasi paru, pemberian oksigen tambahan, dan konsultasi gizi.

2. Obat-obatan

Obat yang dimaksud seperti memberikan obat pelega napas, seperti terbutaline, untuk meredakan gejala. Selain itu, obat kortikosteroid dalam bentuk obat sirup juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan meredakan gejala.

3. Operasi

Prosedur ini dilakukan untuk penderita emfisema berat, antara lain berupa operasi pengangkatan paru yang rusak, agar jaringan paru yang tersisa dapat mengembang dan bekerja lebih efektif.

Selain ketiga penanganan tersebut, penderita juga harus melakukan upaya untuk menghambat perkembangan emfisema dan mencegah komplikasi. Misalnya dengan menghentikan kebiasaan merokok, menghindari asap atau polusi udara,, Berolahraga secara teratur, dan juga melkukan vaksinasi yang dianjurkan untuk mencegah infeksi paru.

Nah, sekian dulu penjelasan saya kali ini tentang Penyebab Dan Gejala Penyakit Emfisema Yang Harus Diwaspadai. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *