Penyebab Dan Pencegahan Kelainan Jantung Pada Anak

9 Mar

Penyebab Dan Pencegahan Kelainan Jantung Pada Anak,- Kelainan jantung pada bayi merupakan salah satu masalah kesehatan yang selalu terjadi pada saat lahir atau bahkan bayi masih berada di dalam kandungan. Pada kebanyakan kasus, bayi yang lahir dengan kelainan jantung penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun para ilmuan berpendapat bahwa kelainan jantung berhubungan dengan jumlah kromosom bayi, cacat gen tunggal atau faktor lingkungan. Walaupun tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi secara pasti.

Penyebab Dan Pencegahan Kelainan Jantung Pada Anak

Penyebab Dan Pencegahan Kelainan Jantung Pada AnakMeskipun penyebab pasti adanya kelainan jantung pada bayi masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat menguatkan kondisi tersebut. Berikut beberapa penyebab terjadinya kelainan jantung pada bayi. seperti :

  • Kontaminasi Pada Awal Kehamilan
    Trimester pertama menjadi peran penting bagi janin karena saat itu janin sedang mengembangkan jantung. Ketika ibu hamil mengkonsumsi beberapa jenis obat kimia pada masa awal kehamilan, maka risiko cacat jantung pada bayi justru akan meningkat lebih tinggi.
  • Kondisi Kesehatan Ibu Hamil
    Bayi yang sehat biasanya lahir dari ibu hamil yang sehat juga dan bisa memberikan lingkungan yang cukup baik selama janin ada dalam kandungan. Namun terkadang, beberapa kondisi kesehatan ibu hamil tidak bisa dihendaki sesuai rencana.
  • Riwayat Keluarga
    Jika salah satu orang tua dari calon bati mengalami kelainan jantung maka kemungkinan besar bayi juga akan mengalami hal yang sama, meskipun ada kesempatan lolos paling tidak sebesar 50%. Hal ini disebabkan karena kromosom yang diwariskan orang tua juga akan menurun pada janin.
  • Kelainan Kromosom
    Bayi yang mengalami kelainan kromosom memiliki risiko yang besar untuk terkena kelainan jantung bawaan, hal ini terjadi karena struktur sel yang berisi gen dari orang tua diwariskan ke janin. Setiap tubuh yang normal dan sehat biasanya memiliki kromosom sebanyak 46 buah, namun janin yang mengalami kelainan bisa memiliki kurang atau lebih dari jumlah kromosom itu.
  • Gaya Hidup Ibu Hamil
    Orang tua yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung di keluarga juga bisa memiliki bayi yang mengalami kelainan jantung. Hal ini bisa terjadi karena ada sebab selama ibu sedang hamil, seperti menjadi perokok aktif atau pasif selama hamil, mengkonsumsi alkohol, dan memakai narkoba serta semua jenis obat-obatan yang berbahaya bisa menyebabkan kelainan jantung pada bayi

Kunci pencegahan penyakit ini terletak pada perawatan bayi sejak masih dalam kandungan, agar terhindar dari penyakit ini sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan obat-obatan maupun minuman beralkohol selama kehamilan dan jika Anda perokok aktif, segera tinggalkan kebiasaan buruk Anda sebelum mempengaruhi kondisi kesehatan bayi. Konsultasi kepada dokter dan perkembangan dan kesehatan bayi tepat terjaga.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Rahasia Herbal

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Jantung

Penyebab Dan Pencegahan Kelainan Jantung Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *