Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang

29 Mar

Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang, Apa Sebenarnya?? Ketahui disini, penyakit paget yang menyerang tulang merupakan gangguan cukup kronis dimana ia menghasilkan tulang yang membesar dan cacat. Kerusakan yang terus menerus atau berlebihan serta pembentukan jaringan tulang menyebabkan tulang menjadi lemah dan akhirnya mengakibatkan sejumlah gejala seperti nyeri  tulang, tulang yang cacat, patah tulang, arthritis pada sendi di dekat tulang yang terkena.

Mungkin Inilah Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang Tanpa Kita Sadari

Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang

Penyakit paget biasanya terlokalisasi hanya mempengaruhi beberapa tulang bila dibandingkan dengan penyakit osteoporosis yang mampu mempengaruhi semua tulang di dalam tubuh.

Untuk saat ini sampai para ilmuwan tidak tahu pasti apa yang menyebabkan penyakit paget pada tulang ini. Namun dalam beberapa kasus, sebuah faktor gen telah diungkap ikut berperan paling besar dalam kondisi ini.

Namun, gen saja tidak mungkin menjadi pemicu gangguan tersebut. Meskipun belum terbukti secara definitif, banyak dokter juga percaya bahwa sesuatu di lingkungan ikut berkontribusi pada perkembangan penyakit paget.

Faktor penyebab lain dari penyakit paget tulang adalah bahwa sebagian dari virus campak terkena kontraksi selama kanak-kanak. Sebuah partikel virus, yang dikenal sebagai nukleokapsid paramyxovirus, telah diidentifikasi di dalam sel-sel tulang dari beberapa pasien dengan penyakit Paget. Campak adalah paramyxovirus. Partikel virus ini tidak ditemukan di tulang normal. Namun, hubungan yang jelas antara virus dan penyakit Paget belum dikonfirmasi.

Baca juga : komplikasi jangka panjang penyakit paget tulang

Diketahui bahwa virus tersebut dapat tertidur selama bertahun-tahun sebelum mengaktifkan kembali dan menyerang sel-sel osteoklas, menyebabkan mereka tidak berfungsi.

Tulang adalah jaringan aktif, yang secara terus menerus mengalami pergantian. Proses ini dikenal sebagai remodeling tulang yang terjadi setiap hari. Tulang diserap dan kemudian direformasi sebagai respons terhadap tekanan normal pada tulang. Saat proses ini terjadi, biasanya tidak terjadi masalah apa-apa, tetapi jika prosesnya salah kemungkinan tulang yang dihasilkan menjadi abnormal.

Pada penyakit paget, osteoklas yakni penyerapan tulang lebih akitf daripada osteoblas yakni sel pembentuk tulang baru.  Osteoblas mencoba mempertahankan dengan membuat tulang baru, tetapi mereka bereaksi berlebihan dan membuat tulang berlebih sehingga tidak terkendali.

Itulah sedikit informasi mengenai Kemungkinan Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang yang penting kita ketahui sejak dini. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, by rahasia herbal

Penyebab Umum Kelainan Paget Pada Tulang

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *