Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit

2 Feb

Bahu akhir-akhir ini sering terasa sakit? Ketahui Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit, Pegal Terus Menerus Disini !!

Nyeri bahu memang bisa sangat tidak nyaman dan mudah diperparah oleh setiap kali gerakan. Rasa sakit pada bahu menghambat kemampuan kita untuk bergerak bebas, sehingga untuk beraktivitaspun seperti biasapun menjadi sulit.

Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit

Sejumlah Faktor Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit

Ada banyak penyebab dari nyeri bahu yang terkadang kita ketahui. Penyebab pertama nyeri bahu bisa akibat cedera termasuk dari kebiasaan mengangkat benda berat,  olahraga berat, angkat besi, dan lainnya.

Penyebab paling umum nyeri bahu dan leher adalah adanya luka pada jaringan lunak, termasuk otot, tendon dan ligamen di dalam struktur tersebut. Arthrittis degeneratif pada tulang belakang di leher (cervical spine) dapat mencubit saraf dan akhirnya berkontribusi menyebabkan sakit leher dan nyeri bahu. Beberapa kondisi yang melibatkan sumsum tulang belakang, jantung, paru-paru dan beberapa organ perut juga bisa menyebabkan nyeri pada leher dan bahu.

Faktor pemicu nyeri bahu lainnya adalah Osteoarthritis, dimana penyakit sendi degeneratif yang menyebabkan tulang rawan di sendi bahu rusak. Bila lapisan tulang rawan yang dimaksudkan untuk melindungi sendi dan permukaan tulang  rusak, tulang kemudian bergesekan langsung satu sama lain, kontak inilah yang akhirnya menyebabkan terasa sakit.

Radang sendi, dimana rheumathoid arthritis lapisan sendi yakni synovium menjadi meradang. Peradangan menyebabkan bahan kimia dilepaskan yang menebalkan synovium dan merusak tulang rawan serta tulang sendi yang terkena. Peradangan sinovium inilah akhirnya menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan.

Radang kandung lendir

Bursae adalah kantung berisi cairan kecil yang terletak di persendian di seluruh tubuh, termasuk bahu. Mereka bertindak sebagai bantalan antara tulang dan jaringan lunak di atasnya, dan membantu mengurangi gesekan antara otot dan tulang yang meluncur.

Terkadang, penggunaan bahu yang berlebihan menyebabkan pembengkakan dan pembengkakan bursa antara manset rotator dan bagian dari tulang belikat yang dikenal sebagai akromion. Hasilnya adalah kondisi yang dikenal sebagai subsitromial bursitis. Bursitis sering terjadi berhubungan dengan rotator cuff tendinitis. Banyak jaringan di bahu bisa menjadi meradang dan menyakitkan.

Tendinitis

Tendon adalah tali yang menghubungkan otot ke tulang. Kebanyakan tendinitis adalah akibat dari penurunan tendon yang terjadi perlahan seiring berjalannya waktu. Tendon yang paling sering terkena di bahu adalah empat tendon manset rotator dan salah satu tendon biseps. Manset rotator terdiri dari empat otot kecil dan tendonnya yang menutupi kepala tulang lengan atas dan menyimpannya di soket bahu. Manset rotator membantu memberikan gerakan dan stabilitas bahu.

Baca juga : jenis pijatan yang efektif untuk nyeri bahu

Ketidakstabilan bahu terjadi ketika kepala tulang lengan atas dipaksa keluar dari soket bahu. Hal itu bisa terjadi akibat luka atau penggunaan yang terus berulang.

Fraktur patah tulang di bahu umumnya melibatkan klavikula (tulang selangka), humerus (tulang lengan atas), dan skapula (tulang belikat). Fraktur bahu biasanya sering disebabkan oleh cedera dari kecelakaan bermotor atau cedera olahraga kontak. Fraktur sendiri sering menyebabkan rasa sakit yang parah, bengkak, dan memar sekitar bahu.

Cedera pada struktur ligamen dan otot leher dan bahu bisa disebabkan oleh akselerasi atau deselerasi mendadak, seperti pada kecelakaan mobil. Hal ini juga bisa menyebabkan kejang otot di daerah leher dan bahu. Demikian sedikit ulasan mengenai Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit, Pegal, Kaku. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam sehat, by Rahasia Herbal

Penyebab Kiri Dan Kanan Bahu Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *