Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan

27 Oct

Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan Hingga Seharian

Bangun tidur, tiba-tiba leher kaku? mau nengok, nunduk sangat sakit??
ingin tahu apa yang menyebabkannya??

Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan, apa saja? bahayakah jika kondisi kembali terulang?

Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan

ketika leher terasa kaku, sampai timbul nyeri atau sakit saat digerakan, menengok selalu diasumsikan karena posisi selama tidurnya kurang tepat. Hal ini memang tidak salam, tapi juga tidak terlalu benar. Banyak yang tidak diketahui oleh kita, bahwa ternyata rasa sakit karena kaku di leher bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti sikap tubuh saat beraktivitas, cedera, hingga gangguan pada saraf.

(baca juga : CARA MENGATASI NYERI LEHER BELAKANG

Secara umum, rasa kaku atau bahkan nyeri di leher terjadi di area kepala hingga bahu. Jaringan yang terdapat di area ini meliputi:

  • Otot dan ligamen leher yang mengikat tulang leher menjadi satu.
  • Bantalan (diskus) yang memisahkan antar ruas tulang belakang pada leher, berfungsi menyerap tekanan dari goncangan gerakan.
  • Tulang dan sendi tulang belakang leher.

Leher kaku dalam istilah medis dikenal dengan nama TORTIKOLIS SPASMODIK. Salah satu Dokter Theri Effendi SpOT, dokter spesialis ortopedi di Rumah Sakit Orthopedi & Traumatologi Surabaya, menjelaskan, leher menjadi kaku karena adanya kontraksi otot dalam posisi yang salah

Kondisi ini umumnya dialami orang-orang pada usia lanjut. Namun terkadang kita yang masih berumur muda juga bisa terkena. Dalam keadaan tidur atau melakukan aktivitas lain dengan posisi tubuh dan leher yang salah, otot di sekitar leher akan melakukan kontraksi. Kontraksi itu terjadi agar leher bisa tetap menopang kepala supaya tegap.

(* LEHER SEBELAH NYERI SETELAH BANGUN TIDUR

Jika kontraksi itu terus berlangsung lama terjadi saat posisi tubuh salah, otot di sekitar leher kemudian akan menjadi kaku. Selanjutnya, akan terjadi pengumpulan asam laktat di bagian otot leher. Inilah yang mengakibatkan munculnya rasa sakit atau nyeri pada leher.

Bagi anda yang sering menghabiskan lebih banyak aktivitas bermain gadget sambil tengkurap, leher bisa berubah menjadi melengkung ke atas. Selain leher bisa kaku akibat suka main gadget, faktor penyebab leher kaku adalah sikap tubuh saat berolahraga seperti bersepeda.

Mengapa hanya sering bersepeda bisa menyebabkan leher menjadi kaku? Pada sepeda tipe tertentu, posisi badan diharuskan agak membungkuk. Otomatis, leher juga akan menyesuaikan, yakni dengan posisi seperti saat tengkurap. Jika desain sepeda tidak cocok dengan tubuh, leher bisa menjadi kaku. Tidak hanya bersepeda, hal ini berisiko juga bagi anda sering olahraga gym. Saat mengangkat beban apalagi dengan posisi yang salah, leherlah yang akan terkena dampaknya.

keluhan leher kaku juga rentan dialami oleh pekerja yang terlalu lama di depan terlalu lama di depan laptop atau komputer dengan posisi leher melengkung atau tidak tegak. Pada saat bersamaan, otot-otot tetap melakukan kontraksi. Kontraksi otot yang terus-menerus itu akan memberikan dampak yang sama dengan salah posisi tidur.

(* OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGATASI NYERI KAKU DI LEHER

Leher yang kaku, nyeri bila muncul menjalar ke punggung atau bahkan tangan, hati-hati karena bisa jadi disebabkan karena ada syaraf di sekitar leher mengalami masalah. Dan yang paling rentan itu adalah syaraf terjepit.

Itulah sedikit informasi mengenai Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan sedikitpun. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat by rahasia herbal

Penyebab Leher Kaku Sulit Digerakkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *