Penyebab Mata Belekan Pada Anak

10 Jan

Penyebab Mata Belekan Pada Anak,- Mata belekan bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali bayi dan anak-anak. Belek atau kotoran mata merupakan gabungan dari minyak, lendir sel kulit dan kotoran lain yang berkumpul di sudut mata saat tidur. Kotoran mata bisa lengket atau kering dan berkerah, tergantung seberapa banyak yang ada di kotoran menguap.

Penyebab Mata Belekan Pada AnakPada umumnya kotoran mata memiliki fungsi perlindungan, mengangkat kotoran yang bisa berbahaya dan merobek film mata. Wajar bila kotoran mata saat kita bangun tidur, namun kotorang yang berlebihan terutama jika warnanya kehijauan atau kekuningan dan sisertai dengan penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya atau terasa sakit, dapat mengindikasikan infeksi mata dan perlu diperiksakan ke dokter mata.

(* Pengobatan Infeksi Mata Tradisional

Penyebab Mata Belekan Pada Anak

Mata belekan pada anak dan balita terkadang terjadi disertai dengan pilek. Belekan pada anak dapat disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, alergi musiman, atau penyebab iritasi lainnya. Berikut adalah diantaranya:

1. Alergi

Salah satu penyebab mata belekan pada anak adalah karena alergi. Ketika anak mengalami hidung meler yang menghasilkan cairan atau bersin dan mata menjadi kemerahan, ada kemungkinan alergi menjadi penyebabnya. Pastikan tidak ada demam, karena alergi tidak disertai dengan demam. Sang anak akan merasakan gatal pada mata dan membuat mata terus menerus mengeluarkan kotoran. Gunakan lap basah yang sejuk untuk meredakan rasa gatal dan kemerahan pada mata.

2. Infeksi Sinus

Bila anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh meski sudah diberi obat, ada kemungkinan dia terkena infeksi sinus. Waspadai gejala seperti hidung tersumbat, demam, nyeri sinus, dan kotoran mata berwarna kehijauan. Jika terdapat gejala tersebut segera periksakan anak ke dokter. Gunakan lap basah untuk membersihan kotoran mata pada anak.

3. Konjungtivitis Oleh Bakteri

Konjungtivitis merupakan infeksi yang terjadi pada satu mata dan biasanya dapat menyebar atau menular ke mata yang satunya. Gejala-gejala konjungtivitis yang terlihat antara lain adanya kotoran berwarna kekuningan atau kehijauan di sekitar mata, mata akan terlihat kemerahan dan membengkak. Hal ini terjadi karena faktor bakteri yang masuk ke dalam mata anak. Anda bisa menggunakan perban steril hangat untuk membersihkan belek, dan pastikan gunakan perban yang baru setiap kali membersihkan mata.

4. Konjungtivitis Oleh Virus

Selain oleh bakteri, konjungtivitis juga dapat disebabkan oleh virus. Konjungtivitis ini dapat dikenali dengan kotoran berwarna jernih atau putih pada satu mata dan menyebar ke mata lain disertai dengan masalah pernafasan atas. Anda bisa membersihkan mata dengan perban steril untuk tiap mata. Hubungi dokter untuk memeriksa dan memastikan diagnosa pada anak.

Cara Mengatasi Belekan Pada Mata Anak

1. Bersihkan Mata

Selalu jaga kebersihan mata dengann air hangat dan perban, bola kapas, atau lap kain bersih untuk mengangkat nanah atau kotoran. Karena obat jenis apapun seperti salep atau tetes mata, tidak akan bekerja efektif jika mata dalam keadaan kotor.

2. Kompres Hangat atau Dingin

Kompres menjadi bagian pengobatan yang penting. Lap hangat bisa digunakan untuk masalah virus atau bakteri dan lap dingin bisa digunakan untuk alergi atau iritasi lain. Lap yang digunakan bisa membantu membersihkan mata dari nanah dan kotoran, serta mengurangi bengkak dan membuat mata lebih nyaman. Gunakan lap yang berbeda pada tiap mata. Kompres bisa dilakukan kapan saja, tapi lebih baik setelah bangun tidur.

3. Tetes Mata

Satu obat yang mungkin diresepkan oleh dokter adalah tetes mata antibiotik. Perhatikan jadwal penggunaan satu tetes pada tiap mata, tiap 4 jam ketika anak terjaga. Pastikan ujung tetes mata tidak menyentuh mata, bila terjadi segera bersihkan karena bisa menyebabkan infeksi menyebar.

4. Salep Mata

Obat lain yang diresepkan dokter untuk anak dengan mata belekan adalah salep antibiotik. Sebelum menggunakan salep, bersihkan terlebih dahulu keseluruhan mata. Salep perlu digunakan dengan menarik kelopak bawah dan memasukan salep dari sisi dalam ke sisi luar, 4 kali dalam sehari.

Untuk mencegahnya, berikan anak Anda suplemen atau vitamin mata yang dapat menjaga kondisi kesehatan mata. (Baca juga: Suplemen Mata Walatra Sehat Mata Softgel)

Demikianlah informasi mengenai penyebab mata belekan pada anak dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat. Semoga lekas sembuh dan terima kasih banyak atas kunjungannya…

Salam sehat, by:

Obat Mata Belekan Tradisional

Penyebab Mata Belekan Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *