Penyebab Mata Gatal dan Cara Mengatasinya

19 Dec

Penyebab Mata Gatal dan Cara Mengatasinya,- Mata gatal merupakan gejala yang paling umum dari alergi mata. Mata akan terasa gatal ketika terpapar benda-benda kecil seperti kotoran, debu, tungau, dan bulu hewan yang dapat memicu reaksi alergi. Dalam istilah kedokteran, hal ini disebut dengan alergi okular atau alergi konjungtivitis.

Penyebab Mata Gatal dan Cara MengatasinyaPada kebanyakan orang benda-benda kecil penyebab alergi bukanlah benda yang berbahaya, namun ketika benda kecil menyentuh selaput lendir pelapis bagian putih mata (konjungtiva), sistem kekebalan tubuh akan keliru dan bereaksi dengan membuat antibodi yang menyebabkan mata melepaskan zat histamin dan senyawa kimia lain. Hal ini yang membuat mata menjadi gatal, merah, berair, sakit, bengkak dan sensitif terhadap cahaya.

Penyebab Mata Gatal

Berdasarkan penyebabnya, mata gatal atau konjungtivitis alergi dapat dibagi menjadi jenis–jenis berikut ini.

1. Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh penggunaan lensa mata kontak yang tidak bersih atau kotor.

2. Konjungtivitis dermatokontak, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh paparan dengan bahan–bahan kosmetik.

3. Konjungtivitis alergi musiman, konjungtivitis ini dipengaruhi oleh musim terutama pada saat awal musim kemarau dimana banyak serbuk sari tumbuhan dan jamur yang beterbangan di udara.

4. Konjungtivitis alergi kontiniu, konjungtivitis ini tidak terpengaruh oleh musim,bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun. Mata gatal ini penyebabnya adalah debu, tungau, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, parfum.

5. Infeksi jamur, virus dan bakteri

Tahukah Anda bahwa penyebab mata gatal dapat disebabkan karena penggunaan sprei, Sarung bantal dan guling yang kotor dimana dipermukaannya telah dijangkiti jamur, virus dan bakteri dari orang lain atau hewan peliharaan yang pernah menyinggahi tempat tidur?. Jenis bakteri yang paling banyak menyerang mata adalah jenis bakteri staphylococcus dan bakteri preumuccocus yang menyebabkan mata sangat gatal, memerah, berair, nyeri, belekan dan sulit dibuka ketika bangun tidur akibat mata lengket.

6. Penggunaan lensa kontak

Berhati-hatilah ketika ingin menggunakan lensa kontak mata Anda. Pemakaian lensa kontak adalah salah satu penyebab mata gatal yang sering menyerang orang orang dewasa. Lensa kontak sangat mudah dihinggapi oleh berbagai macam bakteri. Pastikan kondisi tangan Anda steril sebelum menggunakan lensa mata untuk aktivitas sehari hari. Lensa mata harus disimpan pada tempat yang bersih dan jauh dari jangkauan debu. Lensa kontak mata yang telah terkontiminasi bakteri mudah menyebabkan mata menjadi gatal dan muncul iritasi.

Cara Mengatasi Mata Gatal

1. Menggunakan pelindung mata

Penggunaan kaca mata dapat meminimalisir masuknya debu langsung kedalam mata. Debu dapat terbawa melalui udara, Angin, Asap rokok, Asap pembakaran sampah dan asap kendaraan.

2. Hindari aktifitas tangan yang tidak perlu

Ketika mata terasa gatal gunakan obat tetes mata rekomendasi dokter dan hindari mengucek dan menggosok mata. Kondisi mengucek mata hanya akan menyebabkan mata melepaskan efek histamin dan meninggalkan jejak berupa mata semakin gatal, Memerah dan timbul iritasi.

3. Mengganti perlengkapan tidur

Gantilah sprei, Sarung bantal dan perlengkapan tidur lainnya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan debu yang telah terkontiminasi dengan jamur, Virus dan bakteri. Perlengkapan tidur yang tidak diganti secara teratur terbukti sebagai penyebab mata merah sebelah kiri maupun kanan yang banyak diderita anak dan dewasa.

4. Berinteraksi dengan hewan

Bermain dengan hewan kesayangan adalah bak bagi kesehatn psikologis karena menyebabkan efek menenagkan dan menurunkan tekanan darah. Namun hindari berinteraksi dengan hewan secara berlebihan misalnya dengan menciumnya atau membawanya tidur bersama didalam satu tempat tidur.

5. Menggunakan obat tetes mata

Untuk mata tetap sehat maka gunakan obat tetes mata yang memiliki efek mendinginkan yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas diluar rumah untuk mencegah mata menjadi sensitif dan mudah terkena alergi. alergi terhadap polutan udara adalah penyebab mata gatal yang paling sering terjadi setiap harinya.

6. Air dingin atau hangat

Mengompres mata dengan kain tipis atau kapas yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin atau hangat (pilihlah sesuai keinginan Anda) dapat menenangkan saraf saraf mata darai kelelahan, Meredakan pembengkakn dan menghilangkan rasa gatal pada mata yang memerah dan berair akibat debu.

Itulah penyebab mata gatal dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Salam sehat, by : Obat Mata Gatal Tradisional

Penyebab Mata Gatal dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *