Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok

18 Aug

Bukan hanya karena usia dan suatu cedera, Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok juga termasuk salah satunya yang seringkali tidak kita sadari. Begini cara nikotin dan zat beracun lain dalam rokok mempengaruhi kesehatan tulang !!

MASIH INGIN MEROKOK? STOP DARI SAAT INI JUGA !!

Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok

Bagi orang yang pertama kali mencoba merokok, biasanya langsung merasa kecanduan. Selanjutnya mereka akan kebiasaan sebagai perokok aktif yang tidak bisa terlepas setiap harinya. Namun untuk sebagian orang nonperokok, hal itu bukan hanya banyak efek samping yang ditimbulkan untuk kesehatan juga membuat seseorang jadi boros dalam hal keuangan.

Dampak merokok sudah jelas dapat menganggu kesehatan dari organ paru-paru, jantung dan lainnya. Namun kenyataanya banyak orang yang tidak menyadari bahwa bahaya merokok dapat mempengaruhi sistem muskuloskeletal atau menyebabkan masalah tulang dan sendi.

Sakit punggung, dimana ada sebuah studi yang menunjukan bahwa merokok dapat secara langsung bertanggung jawa untuk degenerasi diskus intervertebral karena menyebabkan kerusakan sel di anulus dan nukleus.

Manset rotator (bahu) robek. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan perkembangan robekan rotator cuff. Nikotin adalah vasokonstriktor kuat dan menurunkan pengiriman oksigen ke jaringan serta karbon monoksida yang mengurangi tingkat tegangan oksigen seluler yang diperlukan untuk metabolisme sel, dan mungkin terkait dengan kualitas tendon pada perokok.

Radang sendi atau Rheumatoid arthritis (RA) yang lebih buruk dan osteoporosis (tulang lemah, keropos, tidak kuat, patah) bisa berkembang pada seorang yang aktif merokok. Osteoporosis yang terjadi biasanya lebih tinggi pada bagian pinggul dan vertebrata.

Berapa pun usia Anda, efek merokok pada kesehatan tulang tidak dapat diabaikan. Bagaimana merokok mempengaruhi tulang yang sehat menjadi lebih buruk?

Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok

  1. Merokok menghambat hormon kortisol yang membantu dalam membangun tulang sehat
  2. Merokok dapat memperlambat produksi sel-sel pembentuk tulang yang disebut juga osteoblas, sehingga menjadi lebih sedikit.
  3. Merokok merusak pembuluh darah, sehingga suplai darah ke tulang berkurang. Pembuluh darah yang rusak juga dapat menyebabkan kerusakan pada saraf di bagian kaki dan jari kaki
  4. Merokok mengurangi jumlah kalsium yang diserap atau diperlukan oleh tulang. Kehadiran vitamin D membantu tulang menyerap kalsium, tetapi merokok menganggu proses tubuh menggunakan vitamin D. Sehingga lebih sedikit kalsium yang tersedia untuk membangun tulang yang kuat. Akibatnya massa tulang menurun, melemah dan menjadi rentan rapuh.
  5. Wanita yang aktif merokok dapat mengalami  penurunan hormon estrogen secara lebih cepat. Terutama disertai masa menopause. Estrogen sangat penting, di mana berfungsi membantu tulang untuk menahan kalsium dan mineral lain yang membuat tulang tetap kuat. Saat menopause, tubuh wanita menghasilkan lebih sedikit estrogen, sehingga kemungkinan besar menempatkan tulang mereka dapat mengalami osteoporosis. Estrogen juga dapat berkurang pada pria. Estrogen penting untuk membangun dan memelihara kerangka yang kuat pada wanita dan pria.

Cara mencegah risiko osteoporosis

  1. berhenti merokok
  2. banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D
  3. hindari penggunaan alkohol
  4. tetap aktiv walaupun dengan latihan sederhana seperti berjalan

Itulah sedikit informasi mengenai bahaya Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok baik pada pria maupun wanita. Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, by rahasia herbal

Baca juga artikel lainnya ;

Penyebab Patah Tulang Akibat Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *