Risiko Diabetes Akibat Asam Urat

5 Feb

Kok Bisa Terkena Risiko Diabetes Akibat Asam Urat Yang Anda Alami?

Asam urat adalah produk limbah yang biasa ditemukan di dalam darah.  Hal ini berasal dari pemecahan zat yang disebut sebagai purin yang merupakan bagian dari banyak makanan. Sejumlah besar asam urat dalam darah dapat menyebabkan kristal terbentuk di sendi, akhirnya menghasilkan asam urat.

Waspadai Risiko Diabetes Akibat Asam Urat, Inilah Cara Mengatasinya

Risiko Diabetes Akibat Asam Urat

Penelitian telah menunjukan hubungan yang kuat antara tingkat asam urat dengan sindrom metabolik, yakni kombinasi kondisi medis yang terkait dengan resistensi insulin dimana adanya ketidakmampuan tubuh untuk memproses insulin dengan benar dan meningkatkan kemungkinan besar seseorang terjena penyakit jantung dan diabetes. Resistensi insulin juga telah dikaitkan dengan obesitas dan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko encok.

Dari penelitian lain telah mengungkap, orang yang memiliki asam urat dan peningkatan kadar asam urat lebih cenderung terkena diabetes tipe 2. Juga sebaliknya, pada saat yang sama mereka yang sudah memiliki diabetes tipe 2 lebih cenderung memiliki kadar asam urat dalam darah tinggi atau hyperuricemia yang merupakan akar penyebab asam urat.

Sehingga mengontrol kadar gula darah dan asam urat dapat membantu kondisi tersebut lebih mudah ditangani. Mempertahankan kadar asam urat serum yang sehat adalah 6mg / dL atau di bawah, hal ini penting dalam mengurangi risiko encok dan diabetes.

Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tinggi diabetes bagi penderita asam urat, mencakup ;

  1. Perbanyak konsumsi air putih, dimana ia mampu membersihkan ginjal dan membantu mengeluarkan asam urat dari aliran darah
  2. Berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat, hal ini dapat memperbaiki intoleransi glukosa anda dengan diabetes tipe 2, efektif memperbaiki tekanan darah yang akhirnya membantu dalam penurunan kadar asam urat
  3. Kadar asam urat dapat cepat naik secara drastis saat konsumsi alkohol, maka sebaiknya sudah anda hindari.
  4. Makanlah makanan yang lebih sehat, termasuk terdiri dari 80% karbohidrat, 10% protein dan 10% lemak adalah kunci untuk menurunkan kadar asam urat anda bahkan mengurangi risiko dari penyakit diabetes.
  5. Batasi gula dan hindari minuman sirup jagung fruktosa tinggi dan makanan untuk menghindari serangan asam urat dan pengembangan cepat diabetes.

Itulah sedikit informasi mengenai hubungan dan bahanya Risiko Diabetes Akibat Asam Urat. Semoga artikelnya bermanfaat. By Rahasia Herbal

Baca juga :

Risiko Diabetes Akibat Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *