Tanaman Obat Tradisional Katarak

12 Dec

Tanaman Obat Tradisional Katarak,- Katarak adalah kondisi yang paling sering dialami oleh orang lanjut usia. Penyakit ini paling sering menyerang orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Jika tidak ditangani dengan serius maka katarak bisa menyebabkan kebutaan dan cacat penglihatan seumur hidup.

Tanaman Obat Tradisional KatarakKetika awal katarak terjadi maka lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan biasanya tidak dirasakan oleh penderita. Operasi dapat dikatakan sebagai pengobatan yang paling efektif untuk menyembuhkan katarak. Tetapi sekarang ini juga banyak pengobatan secara tradisional dengan menggunakan obat herbal.

Berikut adalah tanaman obat tradisional untuk menyembuhkan mata katarak :

1. Kitolod

Tanaman kitolod mengandung bahan lebelin, lobelamin dan isotomin. Daunnya mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Getahnya berfungsi menghilangkan akar bakteri pada mata sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan dan obati katarak, minus, plus, bahkan tumor mata.

2. Daun Sirih

Khasiat daun sirih sudah lama dikenal bangsa Indonesia yang merupakan negara tropis dari zaman nenek moyang sebagai tumbuhan obat. Banyak khasiat yang dapat kita peroleh dari daun sirih diantaranya yaitu mengobati sakit mata katarak, rabun, baik rabun dekat maupun rabun jauh.

3. Daun Sendok

Tanaman daun sendok sebagai obat memiliki banyak manfaat salah satunya dapat digunakan sebagai anti radang, peluruh dahak, melancarkan air kemih, menghentikan batuk, memperbaiki pengelihatan dan menormalkamn aktivitas hati yang berlebihan.

Kandungan-kandungan kimia yang terdapat dalam daun sendok diantaranya polifenol dan flavonoid disamping itu daunnya juga mengandung asam sitrat, vitamin C dll. dari kandungan–kandungan yang dimilikinya maka daun sendok dapat mengobati berbagai pnyakit pada mata khusunya katarak.

4. Boroco

Tanaman ini cukup populer dikenal sebagai tanaman hias. Boroco ini merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang bisa menguntungkan untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaat luar biasa dari boroco untuk kesehatan adalah bisa membantu untuk mengobati katarak secara tradisional.

Selain bisa membantu untuk mengobati katarak, boroco ini memiliki manfaat luar biasa lainnya yaitu untuk menyembuhkan mata rabun, menyuburkan rambut, mengobati wasir, diabetes, dan kanker ganas.

5. Bunga Telang

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami katarak, salah satu solusi yang bisa dijadikan sebagai solusi pengobatan adalah bunga telang. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat lain untuk mnyembuhkan beberapa penyakit seperti : bisul, abses, demam, sakit telinga, busung perut, dan radang mata merah.

6. Ginkgo Biloba

Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki ekstrak daun yang kaya akan nutrisi yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, daun ginkgo mengandung dua jenis molekul yaitu Terpenoid dan flavonoid yang dianggap sebaga antioksidan potensial. Antioksidan ini diyakini berperan penting dalam mencegah perkembangan penyakit seperti : stroke, penyakit jantung, kanker, penyakit Alzheimer dan mata katarak.

7. Rumput Mutiara

Tanaman rumput mutiara sudah di kenal dari zaman dulu sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di india, china dan asia tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit, khususnya penyakit mata katarak.

8. Daun Dewa

Daun dewa sudah dikenal lama sebagai obat tradisional untuk penyakit mata dan juga untuk menurunkan kolestrol tinggi, Selain itu daun dewa juga dapat menghancurkan penyumbatan di pembuluh darah sehingga darah mejadi lancar.

9. Pegagan

Tanaman ini medah sekali ditemukan terutama disawah atau ladang karena tanaman ini merupakan tanaman liar. Pegagan dikenal karena dapat mengobati penyakit pada kulit seperti membantu mengurangi keloid. Disamping itu, pegagan memiliki manfaat lainnya yang tak kalah hebat untuk mengatasi mata bengkak hingga pengobatan katarak.

Demikianlah informasi mengenai tanaman obat tradisional katarak yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda..

Salam Sehat, by : Obat Katarak Tradisional

Tanaman Obat Tradisional Katarak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *