Tumor di Leher serta Penyebab dan Gejalanya

2 Jan

Tumor di Leher serta Penyebab dan Gejalanya,- Penyakit tumor merupakan adalah sebuah gangguan kesehatan abnormalitas pertumbuhan jaringan sel pada bagian organ tubuh tertentu. Dimana sel abnormal tersebut akan menimbulkan terjadinya benjolan. Benjolan ini bisa muncul dimana saja, termasuk pada bagian leher.

Sebagian orang mungkin pernah memiliki benjolan di leher. Benjolan itu bisa menimbulkan nyeri atau bahkan tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali ketika dipegang. Teksturnya pun bisa lembek dan keras. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah benjolan itu berbahaya?

Tumor di Leher serta Penyebab dan Gejalanya

Tumor di Leher serta Penyebab dan GejalanyaTumor yang bersarang di leher tumbuh akibat mutasi sel limposit (jenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limposit normal, limposit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang belakang, darah atau pun organ tubuh lainnya. Pada umumnya tumor ini menjadi benjolan di leher  karena adanya penggumpalan sel limposit pada bagian leher dan juga lemak jenuh berlebih yang menggumpal pada leher.

Penyebab Tumor di  Leher

Tumor di leher dapat disebabkan oleh beberapa faktor tertentu seperti :

  • Pembengkakan kelenjar getah bening
    Penyebab munculnya tumor di leher terjadi karena pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi tenggorokan, infeksi gigi, pilek, campak, TBC, aoutoimun (lupus) dan sipilis.
  • Pembengkakan kelenjar tiroid
    Kelenjar tiroid juga memiliki peranan yang sangat penting terhadap perlawanan infeksi akaibat virus dan bakteri. Bahkan kelenjar titoid ini mampu melawan sel tumor dan kanker. Jika tubuh mengalami difisiensi yodium, maka kelenjar tiroid tidak akan berfungsi secara normal, sehingga akan mengakibatkan timbulnya tumor jinak di leher.

Gejala Tumor di Leher

Tumor di leher pada umumnya tidak akan menimbulkan gejala jika benjolan tersebut masih kecil. Namun lain halnya jika benjolan tersebut mulai membesar, maka akan menimbulkan beberapa gejala yang sangat mengganggu aktivitas. Pasien penderita tumor di leher biasanya akan mengalami gejala seperti :

  1. Demam disertai menggigil
  2. Terjadi pembesaran pada benjolan
  3. Pembengkakan yang terjadi disertai dengan rasa nyeri
  4. Kurang nafsu makan
  5. Penurunan berat badan
  6. Terkadang disertai dengan gangguan pernapasan

Jika Anda memiliki ciri-ciri benjolan seperti yang telah disebutkan di atas, segeralah untuk melakukan pemeriksaan agar gejalanya dapat segera di atasi dan tidak menimbulkan komplikasi berbahaya yang dapat mengancam jiwa.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

 By Rahasia Herbal QnC Jelly Gamat

Baca juga : Letak Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor di Leher serta Penyebab dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *