Tumor Otak serta Penyebab dan Gejalanya

19 Dec

Tumor Otak serta Penyebab dan Gejalanya,- Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan mahluk lain. Kelebihan manusia dibandingkan dengan mahluk lain adalah otak. Organ yang sering disebut sebagai pusat kendali ini menjadi ciri khas manusia ketimbang mahluk lain.

Namun ada kalanya organ ini mengalami masalah yang sangat serius, seperti tumor otak yang merupakan suatu penyakit yang keberadaannya sangat tidak diinginkan. Pada artikel kesehatan kali ini, kami akan menyajikan informasi lebih dalam mengenai apa itu tumor otak.

Tumor Otak serta Penyebab dan Gejalanya

Tumor Otak serta Penyebab dan GejalanyaTumor otak adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam atau disekitar otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tumor otak bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang mereka yang berusia produktif atau dewasa.

Penyebab Munculnya Tumor Otak

Hingga kini penyebab utama timbulnya tumor otak belum diketahui secara pasti. Namun, faktor genetik atau keturunan dan juga efek samping prosedur radioterapi bisa meningkatkan resiko Anda mengalami tumor otak. Pengaruh obat-obatan tertentu yang sering diminum terus menerus, rokok, makanan berlemak, bahan karsiogenik seperti minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan serta paparan radiasi dalam gelombang tertentu juga dapat memicu berkembangnya sel tumor.

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak pun sangat bervariasi tergantung pada lokasi tumor, ukuran dan perkembangan pertumbuhan tumor. Gejala awal tumor otak yang paling sering adalah sakit kepala. Sakit kepala karena tumor otak biasanya tidak berespon terhadap obat sakit kepala yang biasa digunakan. Namun perlu diingat, bahwa kebanyakan sakit kepala tidak berhubungan dengan tumor otak.

Gejala tumor otak lainnya yang sering muncul antara lain:

  • Sakit kepala yang muncul begitu hebat atau tidak seperti biasanya
  • Sakit kepala yang secara bertahap menjadi lebih dering dan lebih parah
  • Mual dan muntah
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan pendengaran
  • Kehilangan sensasi
  • Kehilangan keseimbangan
  • Kesulitan bicara
  • Kebingungan
  • Perubahan prilaku
  • Kejang

Sering kali orang terlambat mengetahui adanya tumor otak dan tidak menyadari gejala yang muncul. Ketika tumor membesar dan mulai terasa mengganggu kesehatan, barulah keadaan tumor otak diketahui.

Bagaimana Tumor Otak Didiagnosis?

Untuk diagnosis diperlukan pemeriksaan klinis secara rinci termasuk riwayat gejala dan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan neurologis yang komprehensif. Tes khusus seperti Tomorgrafi Terkomputerisasi (CT Scan), Penggambaran Resonansi Magnetik (MRI) biasanya dilakukan. Tes ini akan mengungkap ukuran tumor, lokasi dan juga jarak dari struktur penting di otak seperti daerah yang mengatur bicara atau gerak.

Diagnosis dan pengobatan yang dilakukan sejak dini akan mempermudah penanganan pada tumor otak. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menjadi bertambah serius. Tumor otak biasanya tidak menyebar dan hanya diam di dalam satu tempat saja, tapi tumor otak bisa memberikan tekanan dan merusak area disekitarnya. Itulah alasan mengapa tumor otak harus segera ditangani.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Rahasia Herbal QnC Jelly Gamat

Baca juga : Penyabab Tumor Payudara

Tumor Otak serta Penyebab dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *