Tumor Prostat serta Penyebab dan Gejalanya

9 Jan

Tumor Prostat serta Penyebab dan Gejalanya,- Tumor prostat adalah tumor yang paling umum diderita oleh oleh setiap laki-laki berusia lebih dari 50 tahun. Beberapa peneliti menyebutkan tumor ini berkaitan dengan rendahnya produksi hormon testosteron di usia tersebut.

Tumor Prostat serta Penyebab dan Gejalanya

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di kandung kemih dan di depan rektrum. Kelenjar prostat berfungsi untuk melindungi uretra, saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.

Tumor Prostat serta Penyebab dan Gejalanya

Diduga, pola makan yang tidak sehat adalah salah satu penyebab tumor prostat, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Faktor yang mendasar yang menghubungkan diet dan prostat, mungkin adalah hormon. Lemak menstimulasi bertambahnya produksi testosteron dah hormon lainnya. Dan testosteron bertindak untuk mempercepat pertumbuhan tumor prostat.

Selain makanan berlemak, faktor lain yang diduga dapat meningkatkan resiko tumor prostat adalah jenis dan lokasi kerja, misalnya pabrik pembuatan baterai, pabrik karet dan pekerja yang  sering terekspos dengan logam kadmium, jarang merlakukan aktivitas fisik serta sering merokok.

Setiap pria perlu mengetahui dengan baik tanda-tanda dan gejala tumor ptostat, karena perbedaan antara gejala adanya gangguan prostat baik itu yang besifat ringan ataupun gangguan prostat yang bersifat lebih serius sangatlah tipis. Seridaknya ada cara mengenal gejala umor prostat. Mari kita lihat tanda-tanda berikut ini :

  • Sulit berkemih
  • Nyeri saat berkemih
  • Keluar darah saat berkemih
  • Sulit ereksi atau menahan ereksi
  • Munculnya darah pada sperma
  • Sulit buang air besar
  • Timbulnya masalah saluran pencernaan
  • Nyeri yang terus menerus di punggung bawah, panggul atau paha dalam bagian atas
  • Sering berkemih di malam hari
  • Urin yang menetes atau tidak cukup kuat

Melakukan tes PSA (Prostate Specific Antigen) adalah cara paling mengetahui tanda-tanda awal tumor prostat. Dengan mengetahui sejak dini ciri-ciri dan tanda tumor prostat dan mampu membedakan dengan jenis gangguan prostat yang lain maka potensi untuk berkembangnya penyakit ke tingkat lebih serius bisa ditanggulangi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Rahasia Herbal QnC Jelly Gamat

Simak juga : Penyebab dan Gejala Tumor di Leher

Tumor Prostat serta Penyebab dan Gejalanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *