Zat Purin Dengan Asam Urat

21 Feb

Apa Hubungan Zat Purin Dengan Asam Urat??

Purin adalah zat alami yang ditemukan disemua sel tubuh dan hampir disemua makanan. Purin dimetabolisme atau memecah menjadi asam urat saat tubuh mengasimilasinya. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh spesies oksigen aktif.

Zat Purin Dengan Asam Urat

Dampak Adanya Zat Purin Dengan Asam Urat Pada Tubuh

Sedangkan pasokan asam urat yang terus menerus penting untuk melindungi lapisan pembuluh darah juga. Namun, asupan makanan kaya purin yang berlebih telah dikatikan meningkatkan kadar asam urat yang berisiko pada gangguan kesehatan serius seperti penyakit jantung atau kardiovaskular, penyakit ginjak dan sindrom metabolik.

Ketika memiliki kadar asam urat yang terlalu banyak dalam darah, seseorang bisa mengalami kondisi yang disebut dengan hyperuricemia yang merupakan penyakit rematik dimana kelebihan asam urat berkembang menjadi kristal kecil seperti jarum di jaringan lunak dan persendian. Hiperurisemia dapat terjadi jika ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan benar, namun juga dapat timbul akibat konsumsi makanan purin yang terlalu banyak.

Berikut adalah makanan sumber zat purin, meliputi ;

Daging sapi, ayam, bebek, babi, kambing serta daging organ seperti hati, ginjal telah diketahui mengandung sejumlah besar purin dan dapat memicu serangan asam urat. Bahkan seseorang dengan masalah ginjal juga memiliki risiko serangan gout lebih tinggi karena mereka memiliki masalah dengan menghilangkan kelebihan asam urat.

Sumber makanan laut seperti ikan cod, kepiting, halibut, kerang, ikan kakap, tuna, mackerel, sarden, lobster dan lainnya. Jenis makanan lain sumber tinggi purin sering tidak kita ketahui termasuk pada kismis, dimana 100 gram kismis mengandung sekitar 107 miligram purin dan 300 kalori serta sayuran seperti jamur, bayam dan kembang kol juga terdftar mengandung kadar purin tinggi.

Itulah sedikit informasi mengenai hubungan antara Zat Purin Dengan Asam Urat. Semoga artikelnya bermanfaat.

Salam sehat, by Rahasia Herbal

Simak artikel terkait lainnya ;

Zat Purin Dengan Asam Urat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *